Gusti Ayu Resi, Bintang Bulu Tangkis Sulawesi Tenggara yang Terus Bersinar

Nur Fauzia

Reporter

Senin, 30 September 2024  /  7:32 pm

Kiri: Gusti Ayu Resi, Kanan: Anggun Destian Faradilla, juara 1 ganda putri badminton di event STIE 66 Kejurprov Kendari, Sultra 2024. Foto: Nur Fauzia/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Gusti Ayu Resi, atlet bulu tangkis asal Kendari, kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih juara 1 ganda putri pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Kendari 2024.

Dalam kompetisi tersebut Ayu berpasangan dengan Anggun Destian Faradilla, dan prestasi ini semakin mengukuhkan namanya sebagai salah satu atlet bulu tangkis berbakat di Sulawesi Tenggara.

Saat ditemui di GOR Apriyani, Ayu mengungkapkan bahwa ia memulai karier bulu tangkis sejak duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 3.

Sejak itu, ia telah berpartisipasi dalam berbagai ajang kompetisi dan meraih sederet prestasi membanggakan, mulai dari juara Proprov hingga mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diselenggarakan di Aceh pada September tahun ini.

Baca Juga: Resmi Naturalisasi, Shin Tae-yong Mainkan Mees Hilgers - Eliano Reijnders Lawan Bahrain dan China

Meskipun belum berhasil meraih medali emas di PON, Ayu tetap optimis dan bertekad untuk terus meningkatkan prestasinya.

“Tahun 2023 saya lulus SMA dan saat ini bekerja di Navigasi. Sejak kelas 1 SMP, saya sudah sering juara. Yang paling berkesan adalah saat kejuaraan Porprov karena bonusnya lumayan banyak, mencapai 50 juta,” ungkapnya.

Namun, perjalanan karier Ayu tidak selalu mulus. Ia mengakui kendala utama yang sering dihadapinya adalah keterbatasan dana. Hal ini sangat dirasakannya saat persiapan mengikuti PON XXI Aceh – Sumatra Utara 2024.

“Untuk PON kemarin, persiapan kami kurang maksimal karena dana dari KONI sangat terbatas. Akibatnya, kami kesulitan untuk melakukan pelatihan yang intensif,” tuturnya.

Baca Juga: Tahan Imbang Yaman, Timnas Indonesia Melenggang ke Piala Asia U-20 di China 2025

Ayu berharap Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara lebih memperhatikan perkembangan olahraga bulu tangkis. “Saya berharap agar Sulawesi Tenggara bisa lebih sering mengadakan event bulu tangkis dan mencetak lebih banyak atlet putri,” harapnya.

Dengan segudang prestasi yang telah diraih, Ayu menjadi inspirasi bagi para atlet muda di Sulawesi Tenggara. Dedikasinya yang tinggi terhadap olahraga bulu tangkis patut diapresiasi.

Sementara itu, Sekretaris Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulawesi Tenggara, A. Widya Arung Raya, mengungkapkan harapannya agar seluruh atlet bulu tangkis, termasuk Ayu, dapat mengikuti jejak atlet bulu tangkis nasional dari Sulawesi Tenggara, Apriyani Rahayu.

“Tidak ada kata mustahil. Jika dididik dengan benar, bukan hal yang mustahil akan muncul Apriyani (Rahayu) yang lain dari Bumi Anoa ini,” kata Widya. (B)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS