Hari Pertama Pendaftaran Bapaslon Belum Ada yang Daftar ke KPU Buton Selatan

Ali Iskandar Majid

Reporter

Rabu, 28 Agustus 2024  /  12:11 am

Suasana kantor KPU Buton Selatan di hari pertama pendaftaran pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Hari pertama masa pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan, Selasa (27/8/2024), tak ada satu pun bapaslon yang datang mendaftar ke kantor KPU.

Petugas pendaftaran di kantor KPU Buton Selatan terlihat siap melayani bapaslon yang akan mendaftar. Sementara batas akhir masa pendaftaran dijadwalkan pada Kamis (29/8/2024) pukul 23:59 Wita.

Ketua KPU Buton Selatan, Hastun, mengatakan sampai jam menunjukkan pukul 16:00 Wita belum satu pun bapaslon yang datang membawa berkas pendaftaran ke kantor KPU.

Kendati demikian, sudah ada satu liaison officer (LO/petugas penghubung, red) partai politik yang telah mengajukan pembukaan akses pada Sistem Informasi Pencalonan (Silon) ke KPU Buton Selatan. Yaitu dari Partai Demokrat dan Hanura.

Baca Juga: Berkas Dinyatakan Lengkap, Paslon Rahmatnya Muna Ungkap Program Kerja Jika Terpilih

Hastun mengatakan KPU sebelumnya telah mengundang para LO dari setiap partai politik untuk datang pada rapat bersama untuk membahas terkait pendaftaran bapaslon.

“Kami mengkonfirmasi kembali terkait akses Silon kepada mereka kemudian juga akan mengkonfirmasi jadwal pendaftaran,” jelas Hastun, Selasa (27/8/2024).

Perihal dua bapaslon yang mendaftar di hari yang sama, Hastun mengatakan KPU akan mengatur jadwal masing-masing para bapaslon agar tidak berbenturan.

“Kami juga belum mendapatkan bocoran siapa bapaslon yang akan datang mendaftar besok,” imbuhnya.

Menyinggung lahan parkir yang rencananya akan dipakai massa pendukung bapaslon mereka akan diarahkan untuk memarkirkan kendaraan di area Lapangan Lakarada atau persis di dekat kantor KPU Buton Selatan.

“Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya kemacetan pada hari pendaftaran. Terlebih ruas jalan depan kantor KPU Buton Selatan merupakan jalur utama yang sering dilalui oleh kendaraan,” terang Hastun.

Baca Juga: Ini Batas Ambang Suara untuk Mengusung Calon Wali Kota Kendari Usai Putusan MK

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton Selatan, Baharudin La Puka, menegaskan bahwa Bawaslu akan terus mengawasi tahapan pendaftaran.

Pada tahapan tersebut, kata La Puka, Bawaslu sudah membentuk tim kerja untuk membantu menyukseskan pendaftaran pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan, yakni tiga Komisioner akan fokus pada tahapan pencalonan.

Sedangkan untuk staf Bawaslu Buton Selatan mereka akan dibagi menjadi dua tim, satu tim untuk membantu mengawasi jalannya pendaftaran pencalonan dan satu tim lagi ditugaskan untuk menyelesaikan administrasi.

“Kami mengawasi tahapan pendaftaran dan juga tergabung dalam tim kerja, 3 Komisioner fokus pada pencalonan, sedangkan staf dibagi 2 untuk mengawasi pendaftaran dan penyelesaian administrasi di kantor,” kata Baharudin pada telisik.id. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS