Hasilnya Kampanye Akbar di JIS Lebih Unggul dari GBK, Anies-Muhaimin Tak Terbendung
Reporter
Minggu, 11 Februari 2024 / 6:34 pm
JAKARTA, TELISIK.ID - Analis media sosial Drone Emprit mengungkap kata kunci JIS lokasi kampanye Anies-Muhaimin mengungguli GBK lokasi kampanye Prabowo-Gibran dalam pencarian di berbagai media sosial.
Dua paslon itu sama-sama menggelar kampanye akbar penutup di Jakarta, Sabtu (10/2/2024). Satunya di Jakarta International Stadium (JIS), lainnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK). Sementara, paslon 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkampanye di Jateng.
"Pada tanggal 10 Februari 2024, di Jakarta terjadi dua kampanye akbar terakhir dari dua paslon 01 dan 02. Penyebutan lokasi kampanye ini, JIS untuk paslon 01 dan GBK untuk paslon 02, menarik untuk dibandingkan," Ismail Fahmi membuka analisisnya, dilansir dari Gatra.com.
Fahmi melakukan analisis singkat secara kualitatif popularitas kedua lokasi di kalangan netizen. Fahmi mengungkap lokasi mana yang paling sering disebut, serta interaksinya. Analisis itu di empat platform yaitu twitter (X), Media Online, YouTube, dan Instagram.
Berikut rincian tiap platformnya:
JIS unggul terhadap GBK di Twitter dalam hal volume percakapan, yakni 310 ribu (77 persen) berbanding 93 ribu (23 persen).
"Volume percakapan tentang JIS jauh lebih besar dibandingkan tentang GBK. Ini memperlihatkan tingginya minat netizen untuk membicarakan kedua lokasi kampanye akbar tersebut."
- Media online
Melansir CNNIndonesia.com, pada periode 7-10 Februari, media online tercatat lebih banyak menyebut JIS daripada GBK. Puncak pemberitaan terjadi pada 10 Februari dengan 7 ribuan mention tentang JIS berbanding 2 ribuan mention tentang GBK. Totalnya, JIS mencapai 13.600 mention (82 persen), dan GBK 3.000 mention (18 persen)
Drone Emprit menyebut tren mention tentang JIS awalnya lebih tinggi dibandingkan GBK. "Menjelang hari H kampanye, tren JIS masih lebih tinggi, namun tidak jauh beda dengan GBK," lanjut Ismail.
Volume mention di Instagram secara keseluruhan adalah 340 mention (60 persen) untuk JIS dan 227 mention (40 persen) untuk GBK. Tren interaksinya juga menunjukkan JIS lebih besar dengan 1,5 juta interaksi (72 persen), dan GBK 598 ribu interaksi (28 persen).
Baca Juga: Senyuman Titiek Soeharto saat Disebut Calon Ibu Negara di Kampanye Akbar Prabowo, GBK Bergemuruh
- YouTube
Ismail mengungkap tren jumlah video di YouTube yang mengangkat JIS selalu lebih besar dibandingkan tentang GBK. "Puncaknya pada hari H, setidaknya ada 417 video tentang JIS dan 150 video tentang GBK."
Totalnya, jumlah video YouTube tentang kata kunci JIS mencapai 1.033 video (77 persen), sementara GBK 312 video (23 persen).
Tren total interaksi pada video tentang JIS pun selalu lebih besar dibandingkan tentang GBK, dengan 17,7 juta interaksi (65 persen) buat JIS dan 9,6 juta interaksi (35 persen) buat GBK.
- Google Trends
Ismail juga mengungkap pencarian tentang JIS dan GBK dalam 7 hari terakhir memperlihatkan volume pencarian untuk JIS sedikit lebih tinggi dibandingkan untuk GBK. (C)
Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim
Editor: Fitrah Nugraha
* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS