Jadwal Lengkap Piloting Pendidikan Profesi Guru Tahap 3 dan Panduan Akses Link Daftar

Ahmad Jaelani

Reporter

Rabu, 18 September 2024  /  7:49 pm

Program Piloting PPG Tahap 3 merupakan kesempatan emas bagi guru, untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengajar dan mendapatkan sertifikasi resmi. Foto: Repro kibrispdr

JAKARTA, TELISIK.ID - Program Piloting Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahap 3 akhirnya resmi diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pendidikan Profesi Guru. Program ini merupakan kelanjutan dari Piloting Tahap 1 dan 2 yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Sebagai salah satu program strategis dalam dunia pendidikan, Piloting PPG bertujuan untuk mencetak guru-guru yang profesional dan kompeten. Adanya program ini diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia semakin meningkat dan merata di seluruh daerah.

Piloting PPG Tahap 3 ini membuka kesempatan bagi para guru untuk mendapatkan sertifikasi sebagai pengajar profesional. Melalui proses ini, para guru akan diberikan berbagai pelatihan dan evaluasi yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengajar.

Sertifikasi ini juga memberikan pengakuan resmi dari pemerintah terhadap kualitas para guru yang mengikuti program tersebut.

Program Piloting PPG ini diharapkan dapat menjangkau seluruh kalangan guru, mulai dari yang mengajar di daerah perkotaan hingga pelosok desa. Kemendikbud telah menyediakan kuota yang cukup besar, sehingga banyak guru yang berkesempatan untuk mengikuti program ini.

Baca Juga: Daftar 15 Bank Perekonomian Rakyat Bangkrut per September 2024

Bagi guru yang telah terdaftar sebagai peserta PPG Daljab Tahun 2024, penting untuk memperhatikan jadwal pelaksanaan Piloting PPG Tahap 3.

Jadwal Piloting PPG Tahap 3

Mengutip Kumparan, Rabu (18/9/2024), berdasarkan informasi dari Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Nunuk Suryani, peserta Piloting PPG Tahap 3 akan dipanggil melalui notifikasi SIMPKB. Pemanggilan ini dilakukan mulai 17 hingga 23 September 2024.

Para peserta yang memenuhi persyaratan administrasi akan menerima notifikasi dan diminta untuk melapor diri ke Lembaga Penyelenggara Tenaga Kependidikan (LPTK).

Berikut adalah jadwal lengkap Piloting PPG Tahap 3:

- Lapor diri ke LPTK: 18-27 September 2024

- Orientasi di LPTK: 28 September 2024

- Pembelajaran Mandiri di PMM: 23 September – 4 November 2024

- Pendaftaran UKPPPG di PMM: 10 Oktober – 4 November 2024

- Unggah dokumen UKPPPG: 7 – 11 November 2024

- Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK): 16 – 19 November 2024

- Penilaian Ujian Kinerja: 18 November – 9 Desember 2024

- Pengumuman UKPPPG 17 Desember 2024

Peserta Piloting PPG Tahap 3 akan mengikuti serangkaian ujian, termasuk Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Ujian Kinerja. Topik yang akan diujikan mencakup materi pembelajaran terdiferensiasi, Universal by Design, Teaching at Right Level, serta keterampilan sosial emosional siswa.

Selain itu, peserta juga akan mendapatkan materi pembelajaran mandiri yang harus diselesaikan dalam rentang waktu yang telah ditentukan.

Cara Daftar Piloting PPG Tahap 3

Untuk mengikuti program Piloting PPG Tahap 3, peserta harus melakukan pendaftaran melalui laman resmi yang disediakan oleh Kemendikbud. Berikut panduan lengkap untuk mendaftar:

1. Kunjungi laman resmi: Peserta bisa mengunjungi laman https://ppg.kemdikbud.go.id/ untuk memulai proses pendaftaran.

2. Masuk ke akun SIMPKB: Gunakan akun SIMPKB yang telah diberikan melalui platform guruku.id atau belajar.id.

3. Pilih menu PPG bagi Guru Tertentu: Setelah masuk ke dashboard SIMPKB, pilih menu “PPG bagi Guru Tertentu” dan klik tombol “Masuk” untuk melanjutkan.

4. Periksa notifikasi pemanggilan: Jika terdaftar sebagai peserta, sistem akan menampilkan notifikasi khusus. Peserta harus menekan tombol "Ok" untuk melanjutkan proses konfirmasi.

Baca Juga: Beban Dinilai Lebih Ringan dari Pemilu, Honor KPPS Pilkada Serentak 2024 Paling Tinggi Rp 900 Ribu

5. Konfirmasi kesediaan: Tekan tombolu "KONFIRMASI PILOTING" untuk memulai proses konfirmasi kesediaan mengikuti program Piloting PPG.

6. Cek informasi peserta: Periksa informasi terkait, seperti nama, bidang studi, LPTK penempatan, dan status keaktifan DAPODIK.

7. Konfirmasi bidang studi: Jika tidak ada perubahan, klik “KONFIRMASI BIDANG STUDI”. Jika ada perubahan, pilih "UBAH BIDANG STUDI/PENYESUAIAN NOMENKLATUR".

8. Lengkapi profil: Peserta harus melengkapi profil dengan memastikan semua data pribadi dan prasyarat telah diisi dengan benar.

9. Ajukan berkas: Setelah semua langkah selesai, tekan tombol “Ajukan Berkas” untuk menyelesaikan proses konfirmasi.

10. Simpan bukti konfirmasi: Simpan bukti konfirmasi sebagai tanda bahwa Anda telah resmi terdaftar sebagai peserta Piloting PPG Tahap 3 Tahun 2024. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS