Kupas Politisi: Rajab Jinik, Aktif Kritik Eksekutif

Musdar

Reporter

Selasa, 09 Maret 2021  /  10:01 am

Rajab Jinik. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID - LM Rajab Jinik adalah salah satu Anggota DPRD Kota Kendari yang dikenal aktif mengkritik kebijakan Pemerintah Kota Kendari.

Rajab tidak hanya mengkritik melalui media. Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) IV Kecamatan Kambu-Baruga itu juga kerap lantang mengkritik kebijakan lembaga eksekutif itu secara langsung.

Politisi Golkar yang menjabat sebagai pengurus DPD II Golkar Kendari ini mengungkapkan, Ia akan mengkritisi sesuatu yang lari dari tugas dan tanggung jawab Pemerintah Kota.

Selain itu, Ia akan mengkritisi hal-hal yang menyangkut dengan hak-hak rakyat.

"Itu juga penting, bagaimana amanah dan tanggung jawab yang diberikan negara kepada kita, dalam hal corong suara rakyat yang hari ini duduk di legislatif dengan tiga fungsi, legislasi, anggaran dan pengawasan," ungkap Politisi yang juga lulusan Magister Humaniora di Universitas Indonesia (UI).

Dalam memberikan kritik, Politisi kelahiran 15 April 1984 ini tidak asal mengkritik. Ada hal yang tetap diperhatikan. Misalnya mengkritisi dengan memberikan solusi.

Baca juga: Demi Perubahan, Farhana Mallawangan Dorong Kaum Perempuan Terlibat Politik

"Misalnya kita tindaklanjuti dengan RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan dinas terkait untuk sama-sama mencari solusi," ungkap Rajab yang juga lulusan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UHO tahun 2002.

Selain itu, mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di zamannya ini, paling menghindari mengkritik sesuatu yang menyentuh kehidupan pribadi seseorang.

"Kita hanya masuk pada tugas dan tanggung jawab kita sebagai pengawasan dalam membangun komunikasi dengan pemerintah. Melihat apa yang pemerintah kerjakan," jelas Rajab.

Sebagai legislator, Rajab mengatakan, Ia memiliki prinsip, tetap berbuat sesuai aturan serta mencoba membangun kritik dengan lembaga eksekutif untuk bersama-sama membangun kota.

"Saya menjalankan tugas dan tanggung jawab saya, saya tidak akan lari dari tugas dan tanggung jawab saya. Saya akan menghindari kritik kepada pribadi-pribadi, saya akan masuk dalam tugas dan tanggung jawab mereka (eksekutif). Itu aja," tutup Ketua Komisi III DPRD Kendari ini.

Diketahui, LM Rajab Jinik merupakan Anggota DPRD Kota Kendari Periode 2019-2024 dari Partai Golkar. Ia dilantik Senin 26 Agustus 2016. Rajab Jinik merupakan pendatang baru di DPRD Kendari Dapil IV, Kecamatan Kambu-Baruga. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali