Manfaat Rutin Membaca Al-Qur'an untuk Kehidupan di Dunia dan Akhirat

Haerani Hambali

Reporter

Senin, 12 Agustus 2024  /  1:56 pm

Banyak keutamaan yang akan diperoleh dengan merutinkan membaca Al-Qur’an. Foto: Nabawimulia.co.id

KENDARI, TELISIK.ID - Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam yang diturunkan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Selain sebagai pedoman hidup, Al-Qur'an juga memiliki banyak manfaat bagi orang yang rutin membaca, menghafal, mengajarkan apalagi sampai mengamalkannya.

Dalam hadisnya, Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (Hr. Al-Baihaqi).

Dikutip dari Baznasjabar.org, berikut ini 5 manfaat rutin membaca Al-Qur’an.

1. Memberikan ketenangan hati

Dalam Qs. Ar-R’ad: 28 "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram."

Membaca kitab suci Al-Qur’an pada hakikatnya adalah mengingat Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Berdasarkan ayat di atas dikuatkan hanya dengan mengingat Allah atau membaca Al-Qur’an hati kita akan menjadi tenang. 

Baca Juga: Islam Menghargai Perbedaan Pendapat

2. Menjadi manusia berkualitas

Rasulullah SAW bersabda:

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Al-Qur’an serta mengajarkannya pada orang lain." (Hr. Bukhari).

Dengan rutin membaca Al-Qur’an, lambat laun akan mengubah kita menjadi manusia yang berkualitas, karena dengan kita membaca dan mempelajari Al-Qur’an, membuat kita mengetahui hukum-hukum, perintah, dan larangan Allah SWT.

3. Memberi syafa’at di hari kiamat

Dari Abi Umamah al Baahli r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Bacalah Al-Qur'an ’an maka ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafa’at bagi yang membacanya.” (Hr. Muslim: 804).

Bisa disimpulkan bahwa orang yang rutin membaca Al-Qur’an memiliki manfaat, Al-Qur’an akan menjadi penolong kelak di hari akhir nanti berupa syafa’at. 

4. Menyembuhkan penyakit

Dengan membaca ayat-ayat Al-Qur’an juga dapat menyembuhkan penyakit. Allah SWT sudah menegaskan bahwa Al-Qur’an berfungsi sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit yang diderita oleh yang membacanya. Dan Allah SWT juga berfirman dalam (Qs. Al-isra): 82:

Baca Juga: Kisah Sosok Pria Penghuni Langit, Gendong Ibunya untuk Berhaji dengan Berjalan Kaki

“Dan kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang dzalim selain kerugian.”

5. Memudahkan masuk surga

Membaca Al-Qur’an juga memudahkan seseorang untuk masuk surga. Allah benar-benar mencintai pembaca Al-Qur’an seperti Allah mencintai para kekasihnya. Pernyataan ini juga dibenarkan dengan adanya hadis yang diriwayatkan oleh Annas Bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Allah memiliki keluarga dari golongan manusia” para sahabat bertanya, “Siapakah mereka wahai Rasulullah” Rasul menjawab “Para ahli Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khususnya.”  Wallahu A'lam. (C)

Penulis: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS