Mistik: Bunga Ini Dipercaya Bisa Datangkan Roh Halus hingga Percepat Jodoh

Ahmad Jaelani

Reporter

Sabtu, 27 Juli 2024  /  8:06 pm

Bunga melati, dipercaya bisa datangkan makhluk tak kasat mata. Foto: Rerpo Istockphoto

JAKARTA, TELISIK.ID - Bunga melati memang kerap dikonotasikan dengan hal-hal mistis, bahkan sudah banyak cerita beredar jika bunga melati adalah tanaman pengundang roh halus.

Meskipun begitu, melati mempunyai banyak khasiat dan keindahan yang tiada tara meskipun mitos yang beredar juga tak kalah ciamiknya. Dikatakan, mitos menanam bunga melati di depan rumah berasal dari cerita rakyat Jawa yang menyebut jika menanam bunga melati di depan rumah akan mendatangkan makhluk halus.

Tanaman melati dipercaya memiliki kekuatan khusus yang dapat mengundang roh jahat, akan tetapi dapat membawa keberuntungan bagi rumah, seperti dilansir dari Suara.com - jaringan Telisik.id, Sabtu (27/7/2024).

Meskipun begitu, tentunya belum ada penjelasan ilmiah tentang mitos tersebut, sehingga kebenaran dan keakuratannya masih perlu diperdebatkan. Kenyataannya, tanaman melati adalah tanaman indah sekaligus harum yang dapat menambah warna dan keindahan pada eksterior rumah.

Baca Juga: Mistik: Asal dari Urban Legend Teror Sosok Kuntilanak, Ternyata Lebih Tragis

Walau demikian, tanaman ini dipercaya memiliki kekuatan sihir, tapi pada kenyataannya melati di depan rumah tidak akan membawa hal-hal supranatural apapun. Berlawanan dengan banyak kepercayaan umum tentang melati, sesungguhnya bunga ini memiliki banyak khasiat, bersumber dari merdeka.com.

Dapat dijadikan pengharum alami bagi sebuah rumah, bahkan dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan dan meredakan sakit kepala. Bunga melati, dengan kelopak putihnya yang lembut dan aroma yang memikat, telah lama menjadi simbol kesucian dan keindahan di banyak budaya.

Namun di Indonesia, khususnya dalam masyarakat Jawa, bunga ini tidak hanya dikenal karena keindahannya, tetapi juga karena kisah-kisah mistis yang menyertainya. Mitos yang berputar di sekitar bunga melati sering kali berkaitan dengan kepercayaan spiritual dan tradisi yang telah diwariskan selama berabad-abad.

Baca Juga: Mistik: Teror Hantu Herlina Doyan Hisap Darah Haid Santriwati di Pondok Pesantren, Arwah Penasaran Tuntut Balas Dendam

Salah satu mitos yang paling menonjol adalah mitos bunga melati di depan rumah, yang dipercaya dapat membawa berbagai pengaruh gaib. Mulai dari mengundang makhluk halus hingga menjadi penjaga terhadap roh jahat, mitos bunga melati di depan rumah dipercaya memiliki kekuatan yang melampaui keindahan fisiknya.

Mitos bunga melati di depan rumah memiliki akar yang mendalam dalam budaya Jawa. Menurut cerita rakyat, menanam bunga melati di depan rumah dipercaya dapat menarik makhluk halus atau hantu. Kepercayaan ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dan menjadi bagian dari tradisi masyarakat Jawa.

Bunga melati sendiri sering dikaitkan dengan kesucian, cinta abadi, dan keanggunan. Dalam pernikahan adat Jawa, bunga melati digunakan sebagai hiasan pengantin, dan terdapat mitos bahwa mengambil bunga melati dari pengantin dapat membawa keberuntungan dalam menemukan jodoh.

Selain itu, ada juga kepercayaan bahwa bunga melati yang layu pada pengantin menandakan bahwa pengantin tersebut sudah tidak gadis lagi, meskipun pada kenyataannya bunga bisa layu karena berbagai alasan alami seperti suhu ruangan atau oksidasi oleh udara. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS