Mulai Mengaspal, Intip Spesifikasi Yamaha Nmax Turbo dengan Dua Mode Berkendara
Reporter
Rabu, 26 Juni 2024 / 7:21 pm
JAKARTA, TELISIK.ID - Yamaha Indonesia telah merilis generasi baru Nmax Turbo.Skutik keluarga Maxi itu dibekali teknologi baru pada area CVT.
Nmax sudah mengaspal di Indonesia hampir satu dekade sejak diluncurkan pada tahun 2015. Saat ini, sudah lebih dari 3 juta unit Nmax di seluruh dunia, dan Indonesia adalah negara pertama yang meluncurkan Nmax Turbo.
Nmax sekarang sudah masuk ke generasi ketiga. Ada fitur baru yang membuat motor ini seolah memiliki 'turbo' untuk memberi sensasi berkendara yang berbeda dengan orientasi performa.
Dilansir dari Cnnindonesia.com, Rabu (26/6/2024), mesin yang dibawa Nmax Turbo adalah Blue Core 155 cc VVA generasi terbaru.
Dapur pacunya menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 Rpm. Selain itu, ada pula pembaruan dari performa mesin dengan teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) yang menggantikan sistem CVT konvensional.
Baca Juga: Motor Ini Bisa Jadi Solusi Pecinta Cruiser, Versi Low Budget dari Harley Davidson
Penggunaan YECVT memberi pengalaman berkendara dengan sensasi Turbo melalui fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara, T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring). Kedua mode berkendara ini bisa dioperasikan melalui tombol "Mode" pada bagian depan stang kemudi kiri.
Kemudian Nmax Turbo dilengkapi dengan Y-Shift yang mampu membantu menambah akselerasi kecepatan secara instan layaknya Turbo dengan tiga tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3).
Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor, sehingga bisa membantu saat kondisi jalan menurun. Motor ini juga sudah dibekali dengan Dual Channel ABS, Traction Control System, dan Rear Sub Tank Suspension.
Pada sistem penerangan, lampu depan dibekali dengan Full LED yang dilengkapi dual projector untuk meningkatkan visibilitas saat berkendara. Sistem pencahayaan di bagian belakang juga sama, telah menggunakan teknologi Full LED.
Pengendara juga dapat mengisi daya ponsel selama perjalanan lewat Electric Power Outlet Type C di kompartemen bagian kiri motor.
Nmax generasi baru ini juga memiliki fitur menarik lainnya seperti Smart Key System dan Stop & Start System. Yamaha Nmax Turbo dijual dengan lima varian yaitu Neo, Neo S, Turbo, Turbo Tech Max, dan Turbo Tech Max Ultimate plus suspension damper (edisi khusus 50 tahun Yamaha).
Berikut rincian harganya: Nmax Standar Rp32,7 juta, Nmax S Version Rp33,7 juta, Nmax Turbo Rp37,75 juta, Nmax Turbo Tech Max Rp43,25 juta, dan Nmax Turbo Tech Max Ultimate Rp45,25 juta.
Sementara melansir gridoto.com, fitur TURBO yang bisa diaktifkan menggunakan tombol SHIFT di saklar sebelah kiri berfungsi untuk memberikan akselerasi instan ketika motor digunakan.
Hal ini bisa dirasakan manfaatnya jika motor ingin dipakai menyalip kendaraan lain, atau sedang melewati jalanan menanjak yang butuh torsi dan akselerasi instan.
Semaxin Mewah yang diterjemahkan lewat penggunaan desain lampu yang modern, full LED dengan DRL yang terlihat mewah. Kemudian bagian cockpit dibuat lebih mewah yang sekilas mirip dengan tampilan cockpit milik XMAX Connected.
Konsep ubahan kedua adalah Semaxin Canggih yang diterjemahkan lewat penggunaan Multi Information Display yang bisa terkoneksi ke smartphone dengan Y-Connect.
Yamaha Nmax Turbo dengan segala fitur canggihnya memang layak disebut sebagai skutik premium yang memenuhi kebutuhan pengendara modern.
Penggunaan teknologi terbaru seperti YECVT dan Y-Shift menunjukkan komitmen Yamaha dalam menghadirkan inovasi yang tidak hanya meningkatkan performa, tetapi juga memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.
Teknologi ini menjadikan Nmax Turbo sebagai pilihan utama bagi mereka yang menginginkan pengalaman berkendara yang berbeda dan lebih dinamis. (C)
Penulis: Ahmad Jaelani
Editor: Fitrah Nugraha
* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS