Nelayan Kendari Dibekali Aplikasi Pantau Gelombang untuk Keselamatan

Erni Yanti

Reporter

Rabu, 16 Oktober 2024  /  5:22 pm

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto. Foto: Humas

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memfasilitasi para nelayan di Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan sistem informasi cuaca yang lebih baik.

Inisiatif ini diluncurkan dalam kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Sultra 2024 di Aula Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sultra pada Selasa (15/10/2024).

Kegiatan SLCN diikuti 70 peserta yang terdiri dari 58 nelayan asal Kendari dan 12 orang dari stakeholder pemerintah. BMKG telah menghadirkan aplikasi INA-WIS yang memungkinkan nelayan untuk memantau dan mengakses informasi cuaca yang krusial bagi kegiatan melaut.

Baca Juga: Endang Dorong Polda Sultra Segera Panggil Ali Mazi Terkait Kasus Gerbang Toronipa

“Dalam kegiatan ini mereka dibekali dengan alat-alat observasi dan diperkenalkan pada produk BMKG, terutama terkait cuaca di laut, untuk meningkatkan keselamatan para nelayan,” jelas Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Sugeng Widarko.

Peserta diberikan simulasi tentang cara mengakses informasi cuaca, termasuk tinggi gelombang dan parameter lainnya, untuk memastikan keselamatan saat melaut.

Deputi Meteorologi BMKG, Eko Prasetyo, menekankan pentingnya adaptasi nelayan terhadap kemajuan teknologi.

“BMKG menghadirkan INA-WIS agar nelayan dapat dengan mudah mendapatkan informasi cuaca, yang dulunya hanya mengandalkan pengamatan bintang dan pasang surut air laut,” ujar Deputi Meteorologi BMKG, Eko Prasetyo.

Baca Juga: ASN Kota Kendari Terbukti Terlibat dalam Kampanye Paslon, Dilaporkan ke BKN

Teknologi informasi ini memungkinkan nelayan untuk melihat prediksi tinggi gelombang dan arus laut hingga sepuluh hari ke depan. Selain itu, nelayan juga dapat memperkirakan jumlah ikan di suatu wilayah, sehingga dapat merencanakan perjalanan melaut dengan lebih aman.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, menegaskan dukungan pemerintah terhadap BMKG dalam menyampaikan praktik terbaik dalam pemanfaatan informasi cuaca dan iklim yang berbasis data akurat dan terkini.

“Harapannya, para nelayan dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan baik, sehingga mereka dapat merencanakan penangkapan ikan yang lebih efisien dan aman,” harap Andap. (C)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS