Endang Dorong Polda Sultra Segera Panggil Ali Mazi Terkait Kasus Gerbang Toronipa

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 16 Oktober 2024
0 dilihat
Endang Dorong Polda Sultra Segera Panggil Ali Mazi Terkait Kasus Gerbang Toronipa
Ketua DPD Demokrat Sulawesi Tenggara, Muh Endang dan Mantan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi. Foto Erni Yanti Telisik/Ist.

" Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tenggara, Muh. Endang SA, mendesak Polda Sultra untuk segera memanggil mantan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, terkait pernyataannya yang menyatakan siap bertanggung jawab atas proyek Gerbang Toronipa "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tenggara, Muh. Endang SA, mendesak Polda Sultra untuk segera memanggil mantan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, terkait pernyataannya yang menyatakan siap bertanggung jawab atas proyek Gerbang Toronipa.

Pernyataan ini disampaikan Ali Mazi yang mengaku terus memantau pelaksanaan pekerjaan proyek tersebut.

Endang menekankan pentingnya pemanggilan Ali Mazi oleh Polda Sultra guna memperjelas kasus Gerbang Toronipa yang kini tengah dalam penyelidikan.

Menurutnya, keterangan Ali Mazi sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses penyelidikan dan menentukan apakah kasus ini bisa dilanjutkan ke tahap penyidikan.

“Hal ini agar masyarakat bisa segera mendapatkan kepastian, tidak seperti kasus kapal Azmat yang juga melibatkan Ali Mazi, yang sampai sekarang tidak jelas ujungnya,” tegas Endang.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Pembangunan Gerbang Wisata Kendari-Toronipa, Polda Sultra Sudah Periksa 23 Saksi

Proyek Gerbang Toronipa, yang diinisiasi pada masa pemerintahan Ali Mazi, merupakan salah satu proyek besar di sektor infrastruktur pariwisata dengan anggaran sekitar Rp 33 miliar.

Namun, proyek ini menuai kontroversi karena meski baru diresmikan, gerbang tersebut sudah mengalami kerusakan dan berlubang. Kondisi ini bahkan mendapat perhatian dari publik dan selebriti nasional seperti Tere Liye dan Uya Kuya.

Endang optimis bahwa Polda Sultra akan mampu menyelesaikan kasus ini dengan baik.

“Kita harus mendukung dan percaya bahwa Polda Sultra mampu menuntaskan kasus ini. Ini langsung menjadi perhatian Kapolda, jadi saya yakin kasus ini akan selesai,” tutup Endang.

Sebelumnya, Ali Mazi menyatakan akan terus memantau dan mengontrol infrastruktur yang telah dibangun selama masa kepemimpinannya, termasuk Gerbang Toronipa, agar tetap terawat dan menjadi ikon bagi Kota Kendari.

“Saya pasti bertanggung jawab. Saya akan terus mengontrol dan mengecek, siapapun gubernur terpilih nanti, saya akan minta agar infrastruktur ini tetap diperhatikan,” ujar Ali Mazi.

Baca Juga: Soal Gerbang Toronipa Kendari, Ali Mazi: Saya Bertanggungjawab dan Kontrol

Kasus Gerbang Wisata Toronipa saat ini sedang ditangani oleh Polda Sulawesi Tenggara, dan hingga saat ini sudah ada 23 saksi yang diperiksa. Kasubdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sultra, AKBP Rico Fernanda, mengungkapkan bahwa proses pemeriksaan saksi masih berlangsung.

Gerbang Wisata Toronipa dibangun menggunakan material GRC atau beton serat kaca dengan anggaran sebesar Rp 33 miliar.

Selain proyek ini, di masa kepemimpinan Ali Mazi juga dibangun proyek besar lainnya seperti Rumah Sakit Jantung dan Perpustakaan Nasional di Sulawesi Tenggara. Namun, kerusakan pada Gerbang Toronipa yang terjadi baru-baru ini menjadi perhatian serius warga dan pemerhati publik. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga