Pelajar SD di Saponda Konawe Dilatih Rehabilitasi Terumbu Karang

Bambang Sutrisno

Reporter

Senin, 10 Juni 2024  /  1:25 pm

Warga Saponda dan Naturevolution Kendari melakukan pelatihan rehabilitasi terumbu karang. Foto: Bambang Sutrisno/Telisik

KONAWE, TELISIK.ID - Warga Saponda melakukan rehabilitasi terumbu karang bersama Naturevolution Kendari, Senin (10/6/2024) pagi. Kegiatan ini diikuti pelajar sekolah dasar (SD) untuk mengajarkan pentingnya rehabilitasi ekosistem terumbu karang, dan edukasi cleanup session sejak dini.

Kegiatan itu merupakan kolaborasi antara Yayasan Mattirotasi Mitra Lestari dengan DKP Sulawesi Tenggara, BPSPL Makassar wilayah kerja Kendari, dan Neturevolution Indonesia CEFMA Kendari untuk memperingati Hari Laut Sedunia di wilayah Saponda.

Rangkaian kegiatan terdiri dari pelatihan rehabilitasi ekosistem terumbu karang dan pelatihan pembuatan media tanam, yang bertujuan memberikan edukasi pada warga Saponda mengenai pentingnya rehabilitasi terumbu karang.

Transplantasi karang bersama warga lokal Saponda dengan menggunakan media spider sebanyak 50, dan media VAR vertikal artistik coral sebanyak 10 sebagai bentuk pelestarian terumbu karang di Saponda.

Baca Juga: Penyakit Jembrana Serang Sapi Bali di Bombana, Sapi Bisa Mati Tiba-Tiba

Ketua penyelenggara yayasan mattirotasi mitra lestari, Al Muhajirin mengatakan bahwa Saponda adalah salah satu kawasan konservasi yang harus dikembangkan dan harus dijaga kelestariannya, agar ekosistem terkendali dengan baik.

BPSPL Makassar wilayah kerja Kendari Jufri mengatakan, ke depannya pihaknya akan terus mendukung semua jenis kegiatan yang membantu menjaga laut khususnya warga pesisir, mengingat kondisi ekosistem laut semakin memprihatinkan.

Baca Juga: Bayi Perempuan Ditemukan Dalam Kardus Dekat Kantor DPRD Muna

Pengeboman terumbu karang oleh sejumlah nelayan telah mencederai keindahan terumbu karang.

Leader marin dan coastal dari Naturevolution Indonesia Memed, berkomitmen untuk selalu melakukan edukasi serta melakukan kegiatan konservasi di wilayah Saponda, agar kedepannya warga di sini dapat menjaga ekosistem laut sekitar sebagai bentuk kepedulian laut. (A)

Penulis: Bambang Sutrisno

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS