Pasca Salat Id, Warga Konawe Lanjutkan Tradisi Ziarah Kubur

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 02 Mei 2022
0 dilihat
Pasca Salat Id, Warga Konawe Lanjutkan Tradisi Ziarah Kubur
Suasana peziarah mendatangi TPU selepas salat Id di Kelurahan Asinua, Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

" Warga Kelurahan Asinua Kabupaten Konawe usai Salat Idul Fitri 1443 Hijiriah, memadati tempat pemakaman umum (TPU) untuk mendoakan keluarga dan kerabat masing-masing yang telah meninggal dunia "

KONAWE, TELISIK.ID - Warga Kelurahan Asinua Kabupaten Konawe usai Salat Idul Fitri 1443 Hijiriah, memadati tempat pemakaman umum (TPU) untuk mendoakan keluarga dan kerabat masing-masing yang telah meninggal dunia, Senin (2/5/2022).

Tak hanya mendoakan sanak keluarga yang telah meninggal, peziarah juga membersihkan makam keluarganya sekaligus bersilaturahmi dengan para peziarah kubur lainnya.

Salah seorang peziarah, Jusman mengatakan, ia bersama keluarganya telah rutin setiap tahun mendatangi TPU tersebut setelah melaksanakan salat idul fitri.

"Hampir tiap tahun ke sini, mendoakan Ibu kepada Allah SWT agar diampuni dosa-dosanya dan juga bersilaturahmi dengan kerabat lain," terang Jusman.

Peziarah lainnya, Ningsih mengaku, jika pada hari raya idul fitri, selain bersilaturahim dan memaafkan, momen lebaran ini juga menjadi waktu untuk menyapa dan mendoakan keluarga yang sudah meninggal dunia.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Bupati Konawe Imbau Tekankan Prokes

"Kebetulan rumah dekat, jadi setelah selesai salat Id, kita langsung ziarah kubur orang tua," jelasnya.

Baca Juga: Jadwal Feri KMP Bahteramas Rute Kendari-Langara Periode Mei 2022

Hal senada diungkapkan Rahmat, jika momentum lebaran ini menjadi momen haru, karena pasti merindukan keluarga atau saudara yang telah lebih dulu menghadap kepada Allah SWT.

Di samping untuk melepas rasa rindu kepada keluarga yang telah tiada, Rahmat juga tak lupa mengirimkan doa agar almarhum ayahnya mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan juga dapat mengobati rasa rindunya.

"Tidak hanya kita kirimkan doa untuk Almarhum, makamnya juga dibersihkan agar tetap terlihat bersih dan terawat," tandasnya. (A)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga