Pembuatan Taman Halaman Sekretariat DPRD Sumut Dikritik

Ones Lawolo

Reporter Medan

Selasa, 01 Desember 2020  /  3:40 pm

Papan Proyek pembangunan taman halaman Sekretariat DPRD Sumatera Utara. Foto: Ones Lawolo/Telisik

MEDAN, TELISIK.ID - Proyek pembangunan taman halaman Sekretariat DPRD Sumatera Utara di Jalan Imam Bonjol Medan, Sumatera Utara (Sumut), menuai kritikan dari masyarakat.

Pasalnya, pembangunan taman halaman Sekretariat DPRD Sumatera Utara yang dikerjakan oleh CV. Jasa Utama Karya tersebut, sangat kecil, hanya berukuran 3x10 meter, tidak sebanding dengan nilai anggarannya, Rp 189.500.000.

Diketahui, anggaran proyek pembangunan taman itu bersumber dari APBD Sumut tahun 2020.

Salah seorang masyarakat yang berkunjung di DPRD Sumut, Edy Rinaldi Panjaitan mengkritik pembangunan taman halaman Sekretariat DPRD Sumatera Utara tersebut.

Edy menduga pengerjaan bangunan taman itu tidak sesuai spesifikasi dengan apa yang tertera di dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dimasukkan dalam APBD Sumut tahun 2020.

Baca juga: Puluhan Warga Wolowa Buton Keracunan Makanan

"Saya lihat itu pakai besi yang tidak ada SNI-nya, semennya juga merek yang tidak berkualitas. Kita duga pengerjaannya tidak sesuai spesifikasi di RAB yang dimasukkan dalam APBD Sumut tahun 2020," ujarnya.

Masyarakat lainnya, Darwin, juga mengkritik proyek pembangunan taman halaman Sekretariat DPRD Sumatera Utara yang sedang berlangsung.

Dia mengkritik penebangan pohon penghijauan yang berada di halaman Sekretariat DPRD Sumatera Utara. Menurutnya, penebangan pohon di lingkungan DPRD Sumut seharusnya tidak dilakukan.

"Ada-ada aja orang itu ya, Sekwan DPRD Sumut ingin membuat taman yang indah dengan menebang pohon yang telah ada puluhan tahun lamanya," ujarnya heran.

Ketua DPRD Sumatera Utara, Dra Baskami Ginting, ketika dihubungi Telisik.id Selasa (1/12/2020), mengaku heran dengan pembangunan taman halaman Sekretariat DPRD Sumatera Utara dengan anggaran hampir Rp 200 juta tersebut.

Baca juga: Seorang Nelayan Hilang saat Memancing di Perairan Campedak

"Ngeri kali ya anggarannya. Aduh, saya ini masih di Jakarta Dek. Sudah pulang di Medan nanti saya hubungi kembali ya. Biar saya coba tanya dulu ke Sekwan," katanya melalui telepon selulernya.

Ditanya mengenai penebangan pohon penghijauan di lingkungan DPRD Sumut, Baskami Ginting mengatakan, pihaknya akan meninjau langsung lokasi taman dan pohon yang ditebang tersebut.

"Saya lihat langsung nanti setelah pulang dari Jakarta. Kalau saya komentari nanti saya juga salah karena belum melihat lokasi tersebut. Tunggu saja saya pulang ya," ujarnya.

Sekwan DPRD Sumut, Afifi Lubis saat ditemui di ruangan kerjanya tidak berada di tempat. Dihubungi melalui telepon selulernya juga tidak berhasil. (A)

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Haerani Hambali

TOPICS