Pemilih Pemula Didorong Partisipasi Sukseskan Pilkada 2024

Putri Wulandari

Reporter Muna Barat

Kamis, 10 Oktober 2024  /  5:11 pm

KPU Sulawesi Tenggara gandeng KIPP ajak pemilih pemula sukseskan Pilkada 2024. Foto: Putri Wulandari/Telisik

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Bersama Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Sulawesi Tenggara, KPU Sulawesi Tenggara mengajak pemilih pemula untuk turut serta menyukseskan Pilkada 2024.

Koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan Sumber Daya Manusia (SDM), Amirudin, menjelaskan bahwa pendidikan politik bagi pemilih pemula bertujuan untuk memberikan pemahaman agar mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar.

Ia mengajak pemilih pemula untuk menyadari bahwa situasi politik di Muna Barat, yang hanya memiliki satu pasangan calon, menjadi momen penting bagi masyarakat.

Baca Juga: Paslon LA-IDA Kampanye di Konawe Selatan Janji Sejahterakan Petani

“Saya kira ini merupakan momen yang tepat untuk memberikan edukasi dan pendidikan politik kepada pelajar,” ujarnya, Kamis (10/10/2024).

Selain itu, pihaknya berharap menghadapi pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 27 November mendatang, para pemilih dapat bersikap bijak dan menolak praktik politik uang serta penyebaran berita hoaks, karena kedua hal tersebut dapat memengaruhi jalannya pemilihan.

Ketua KIPP Sultra, Muhammad Nasir, menambahkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar pemilih pemula memahami tata cara menyalurkan hak suaranya di TPS dan dapat memilih calon pemimpin daerah dengan tepat.

Baca Juga: Calon Bupati Muna Barat Darwin Ali Prioritaskan Perbaikan Infrastruktur di Wilayah Maginti

“Kami berharap pemilih pemula dapat berbagi informasi dengan teman-teman mereka yang tidak bisa hadir, seperti memastikan sudah terdaftar di DPT, memahami cara memilih yang benar, dan menjadi pemilih yang cerdas,” ungkapnya.

Untuk menjaga integritas proses pemilihan, KIPP juga akan memantau potensi pelanggaran, baik oleh peserta pemilih maupun kesalahan prosedural dalam proses pemungutan dan penghitungan suara, termasuk pelanggaran aturan kampanye.

Ia berharap agar pelaksanaan demokrasi di Muna Barat dapat berjalan tertib, aman, dan lancar, sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang langsung, umum, bebas, dan rahasia. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS