Pemkab Buton Selatan Raih Penghargaan UHC, Bentuk Komitmen Kualitas Kesehatan Terbaik

Ali Iskandar Majid

Reporter

Jumat, 09 Agustus 2024  /  3:08 pm

Pj Bupati Buton Selatan, Parinringi, memegang penghargaan UHC. Foto: DiskomInfo Buton Selatan

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan kembali torehkan prestasi setelah meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) sebagai bentuk komitmen terhadap kualitas akses kesehatan bagi masyarakat.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma'aruf Amin yang berlangsung di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Parinringi mengatakan, pencapaian tersebut tidak lepas dari kerja sama semua pihak yang terlibat di dalamnya. Mulai dari para pejabat Buton Selatan, Kepala OPD terkait, serta yang paling terpenting adalah para tenaga medis, sebab merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Ia mengatakan, ini bukan kali pertamanya Kabupaten Buton Selatan menyabet penghargaan UHC. Sebelumnya periode Maret 2023 Kabupaten Buton Selatan telah meraih penghargaan UHC perdananya lebih tepatnya pada masa pemerintahan Pj Bupati La Ode Budiman kala itu.

Baca Juga: 95 Persen Warga Muna Terdaftar JKN, Plt Bupati Muna Diganjar Penghargaan UHC Awards

Baca Juga: Pemkab Konawe Segera Buka Rekrutmen Tenaga Kesehatan dan Teknis Jalur Umum

Pemkab Buton Selatan dinilai berhasil mempertahankan cakupan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma bagi masyarakatnya. Sehingga dipercayakan kembali meraih prestasi UHC.

Diketahui, penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dianugerahkan kepada kabupaten/kota yang memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas kesehatan masyarakat. Terutama capaian jumlah penduduk yang sudah tercover BPJS Kesehatan harus di atas 95 persen.

"Kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik pada masyarakat. Apalagi ini kebutuhan dasar, sehingga kewajiban kami selaku pemerintah untuk memenuhi itu," ungkapnya pada awak media, Kamis (8/8/2024). (C)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS