Kabupaten Buton Cegah Banjir dengan Tanam Pohon

Febriyani, telisik indonesia
Rabu, 23 Agustus 2023
0 dilihat
Kabupaten Buton Cegah Banjir dengan Tanam Pohon
Peduli lingkungan hidup, Polres Buton, TNI dan pemda setempat gelar tanam pohon serentak di Desa Bungi, Kecamatan Wolowa. Foto Febriyani/Telisik

" Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, Polres Buton bersama TNI dan pemda setempat menggelar penghijauan di kawasan pantai Desa Bungi, Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton "

BUTON, TELISIK.ID - Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, Polres Buton bersama TNI dan pemda setempat menggelar penghijauan di kawasan pantai Desa Bungi, Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, Rabu (23/8/2023).

Tujuan kegiatan itu untuk melestarikan lingkungan, mencegah banjir serta menciptakan Kabupaten Buton yang lebih hijau dan membawa manfaat yang lebih besar bagi generasi mendatang.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penanaman pohon seperti jati, pala, alpukat, durian dan lain sebagainya. Dengan mengenakan ikat kepala merah putih, Polres Buton, TNI dan pemerintah daerah tampak semangat menanam bibit pohon di beberapa titik di area pantai Desa Bungi.

Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen dalam kesempatan itu mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan pantai dan hutan serta melestarikannya.

Baca Juga: Menguat jadi Pj Bupati Buton, Basiran Beri Ucapan Selamat ke La Ode Mustari

"Masih dengan semangat hari kemerdekaan Republik Indonesia, kami menggelar penghujauan di daerah masing-masing, ini dilakukan serentak se-Indonesia," jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan itu sangat positif, bagaimana Polri ditempatkan oleh negara untuk memberikan inisiasi yang tujuannya untuk Indonesia. Dalam kegiatan penghijauan kali ini bertemakan, Polri lestari negeri penghijauan sejak dini

"Pimpinan tertinggi kami dalam hal ini, Bapak Kapolri juga melaksanakan hal yang sama di daerahnya, berharap polri ke depan semakin sinergi dengan berbagai pihak dan kalangan, khususnya dalam melestarikan lingkungan," tandasnya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Buton, Basiran dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh Polri, di mana kegiatan penghijauan ini dilaksanakan serentak se-Indonesia.

Baca Juga: Dijatah 2 Kali Seminggu, Solar di SPBU Buton jadi Barang Langka

“Mulai dari tingkat Mabes, Polda, Polres dan Polsek ikut melaksanakan penghijauan dan ini suatu yang dular biasa bagi saya, sekali lagi paresiasi untuk polri,” tandasnya.

Harapanya kepada masyarakat agar usai  kegiatan ini tidak hanya menanam, tapi juga merawat dan menjaga agar ke depannya dapat bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri.

Camat Wolowa, La Sura akan terus bersinergis bersama masyarakat untuk terus menjaga kawasan sekitaran pantai di Bungi. Kegiatan ini akan menjadi pengingat untuk terus menjaga lingkungan tetap hijau sehingga bebas dari banjir dan masalah lingkungan lainya.

"Sesuai amanat Kapolres, kami akan terus menjaga lingkungan ini tetap hijau, demi keselamatan hidup ke depanya," katanya singkat. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga