Pemprov Sulawesi Tenggara Luncurkan Penggunaan QRIS untuk Transaksi Pembelian Tiket di Pelabuhan

Siti Nabila

Reporter

Senin, 23 September 2024  /  6:36 pm

Hari Perhubungan Nasional, Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio, luncurkan penggunaan QRIS transaksi tiket di pelabuhan di Halaman Kantor Gubernur Sultra. Foto: ist

KENDARI, TELISIK.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) meluncurkan penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk transaksi pembelian tiket di pelabuhan-pelabuhan di wilayah Sultra, Senin (23/9/2024).

Peluncuran penggunaan QRIS ini dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio, di halaman Kantor Gubernur Sultra usai upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024. Dishub Sultra bekerja sama dengan Bank Sultra dan Bank Indonesia (BI) dalam implementasi ini.

Kepala Dishub Sultra, Muhamad Rajulan, menjelaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pemprov Sultra untuk mendukung transformasi digital di sektor transportasi dan pelayanan publik, serta Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Baca Juga: Pemuda Konawe Selatan Ini Manfaatkan Sampah Warga jadi Peluang Bisnis

“Dengan adanya QRIS, masyarakat kini bisa membeli tiket kapal secara nontunai hanya dengan menggunakan handphone. Ini adalah langkah yang tepat dalam memodernisasi layanan transportasi di Sultra,” ucapnya.

Saat ini, penggunaan QRIS untuk pembayaran tiket baru diterapkan untuk rute penyeberangan Kendari-Wawonii, namun akan diperluas ke seluruh pelabuhan penyeberangan di Sultra ke depannya.

Baca Juga: Bening's Klinik Kendari Buka Lowongan Kerja untuk Tiga Posisi

“Ke depan, penggunaan QRIS ini akan kita laksanakan di seluruh pelabuhan penyeberangan yang kita tangani,” tambah Rajulan.

Rajulan menekankan bahwa pembayaran menggunakan QRIS bersifat opsional, penumpang masih dapat melakukan pembayaran secara manual atau tunai bagi yang tidak memiliki QRIS.

“Jadi tetap ada alternatif. Bagi yang tidak punya QRIS masih bisa menggunakan cara manual,” jelasnya. (Adv/C)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS