Pemuda Konawe Selatan Ini Manfaatkan Sampah Warga jadi Peluang Bisnis

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 23 September 2024
0 dilihat
Pemuda Konawe Selatan Ini Manfaatkan Sampah Warga jadi Peluang Bisnis
Pemilik Jasa Angkut Sampah Clear Up, Joni (kanan) bersama Kadis dan tim DLHK Konsel. Foto: Ist.

" Seorang warga Ranomeeto, Konawe Selatan, Joni mengubah masalah sampah menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Melihat volume sampah yang tinggi di daerahnya, khususnya sampah rumah tangga, ia mengambil inisiatif untuk membuka usaha jasa angkut sampah "

KENDARI, TELISIK.ID - Seorang warga Ranomeeto, Konawe Selatan, Joni mengubah masalah sampah menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Melihat volume sampah yang tinggi di daerahnya, khususnya sampah rumah tangga, ia mengambil inisiatif untuk membuka usaha jasa angkut sampah.

Menurut Joni, usaha jasa angkut sampah ini ia namai Clear Up. Nama ini dimaknainya sebagai membersihkan lingkungan dari sampah, dengan harapan dapat membantu masyarakat menjaga kebersihan sekitar mereka. Tujuannya adalah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pengelolaan sampah.

“Usaha ini dibangun terkait kepedulian terhadap sampah,” katanya, belum lama ini.

Usaha ini dirancang agar masyarakat hanya perlu mengeluarkan retribusi sebagai pengganti bahan bakar mobil yang digunakan untuk mengangkut sampah. Dengan biaya yang relatif terjangkau, masyarakat dapat menikmati layanan pengangkutan sampah yang efisien dan teratur.

Baca Juga: Bening's Klinik Kendari Buka Lowongan Kerja untuk Tiga Posisi

“Jadi ini merupakan solusi praktis bagi masyarakat yang kesulitan membuang sampah sendiri ke tempat pembuangan sampah,” ujarnya.

Saat ini, Clear Up memiliki tiga karyawan yang berdedikasi dalam mengelola sampah dari rumah-rumah warga hingga ke tempat pembuangan sampah.

Setiap hari mereka bekerja keras memastikan sampah diangkut dengan baik, sehingga tidak ada lagi tumpukan sampah yang mengganggu pemandangan atau menjadi sumber penyakit.

Upaya awal ini merupakan langkah konkret yang ditempuh untuk membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dengan adanya jasa angkut sampah ini, diharapkan masyarakat lebih mudah dalam membuang sampah pada tempatnya.

Selain mengangkut sampah, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dari sampah.

Joni meyakini bahwa dengan adanya jasa angkut sampah Clear Up, masyarakat akan semakin sadar dan peduli terhadap kebersihan lingkungan mereka. Ia juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pengelolaan sampah.

“Ini bukan hanya bisnis, tetapi juga bentuk tanggung jawab sosial kami dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang,” ujarnya.

Baca Juga: Kakanwil Sultra Pastikan Asupan Gizi WBP Terpenuhi di Rutan Kendari

Joni juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Konawe Selatan (Konsel) yang memberikan dukungan atas usaha ini, khususnya Kepala DLHK Konsel, Hasran Parenda.

Atas dukungan DLHK Konsel, alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari ini mendapatkan kepercayaan untuk membudidayakan maggot melalui sampah.

Sementara itu, salah seorang klien Clear Up, Andikan, mengapresiasi atas adanya usaha Clear Up ini. Karena baginya, membuang sampah meski terdengarnya mudah, namun seringkali terabaikan untuk dilakukan setiap hari.

Sehingga, kata dia, dengan adanya usaha ini dapat membantu dalam mengangkut sampah rumah tangga ke tempat pembuangan sampah yang telah disediakan.

“Membantu yang sibuk dan tidak sempat membuang sampah di bak sampah yang disediakan pemerintah,” katanya, Sabtu (23/9/2024). (B)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga