Pendaftaran Siswa Baru Dilakukan Secara Digital

Ibnu Sina Ali Hakim

Reporter

Sabtu, 09 Mei 2020  /  1:38 pm

Penerimaan siswa baru tahun ini dilakukan secara digital untuk menekan penularan COVID-19. Foto: Repro republika.co.id

KENDARI, TELISIK.ID - Guna menekan penyebaran COVID-19, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dilakukan dengan menggunakan sistem digital.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara, Drs. Asrun Lio, menuturkan bahwa pendaftaran berbasis online tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Sultra sesuai arahan dari pemerintah.

"Kalau provinsi sudah pasti menerapkan penerimaan peserta didik berbasis online selama masa pandemi COVID-19 ini," ungkapnya, Sabtu (9/5/2020).

Asrun juga mengungkapkan, pendaftaran berbasis digital tersebut hanya diberlakukan pada peserta didik SMA dan SMK sedangkan untuk SD dan SMP akan diserahkan sepenuhnya mekanismenya di kebupaten/kota masing-masing.

Baca juga: Kisah Manis Terapis Anak Autis

"SMA dan SMK kan kewenangan Dikbud Provinsi, tetapi kalau SD itu masih manual sedangkan pada tingkat SMP sudah kewenangan kabupaten dan kota mungkin juga mereka menerapkan hal yang sama," tambahnya.

Selain itu, sesuai surat edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020, Dinas Pendidikan dan sekolah diminta menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua di sekolah.

PPDB pada jalur prestasi dilaksanakan berdasarkan akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan lima semester terakhir sedangkan prestasi akademik dan non akademik di luar nilai rapor sekolah.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Rani