Pepe Perpanjang Rekor Pemain Tertua di Piala Eropa

Mustaqim

Reporter

Minggu, 23 Juni 2024  /  8:36 am

Bek tengah Timnas Portugal, Pepe, mencatatkan rekor sebagai pemain tertua sepanjang perhelatan Piala Eropa atau Euro. Foto: Nur/Getty Image

DORTMUND, TELISIK.ID – Pemain belakang Timnas Portugal, Pepe, mencatatkan dirinya sebagai pemain tertua yang tampil sepanjang perhelatan turnamen final Piala Eropa atau Euro. Dalam Euro 2024 kali ini, Pepe memperpanjang rekornya sendiri menjadi 41 tahun 117 hari saat melawan Turkiye.

Rekor pemain tertua sebelumnya dalam ajang yang sama dicatatkan oleh kiper Timnas Hungaria, Gabor Kiraly. Kiraly membukukan rekor usia 40 tahun 86 hari ketika menghadapi Belgia di babak 16 besar Euro 2016.

Namun, catatan rekor pemain tertua yang dimiliki oleh Kiraly ini sudah dipecahkan oleh Pepe saat tampil di pertandingan perdana penyisihan Grup F melawan Republik Ceko.  

Sebelum Pepe, pemain tertua yang tampil di Piala Eropa adalah Lothar Matthaus yang memenangkan caps ke-150 dan terakhirnya untuk Jerman ketika berusia 39 tahun 91 hari di Euro 2000.

Pemain tertua yang muncul: Pepe (41 tahun 117 hari)

Bek tengah yang selalu menyukai panggung Euro ini mencetak gol pada debut turnamen terakhirnya melawan Turkiye di Euro 2008 saat Portugal mencapai perempat final. Timnya menjadi lebih baik empat tahun kemudian sebelum mencapai puncak di Euro 2016, Pepe dinobatkan sebagai Player of the Match dalam kemenangan final perpanjangan waktu melawan tuan rumah Prancis.

Baca Juga: Portugal Ke Babak 16 Besar Euro 2024, Turkiye Posisi Sulit

Pemain tertua yang mencetak gol: Ivica Vastic (38 tahun 257 hari)

Mantan pemain Sturm Graz dan Austria Wien itu masuk dari bangku cadangan dengan 26 menit tersisa melawan Polandia dalam pertandingan grup Euro 2008 dan menyelamatkan hasil imbang 1-1 untuk Austria dengan mengonversi penalti yang terlambat. Itu adalah gol tim nasionalnya yang ke-14 pada pertandingan ke-50 dan dia tetap menjadi pemain tertua yang mencetak gol di turnamen final.

Pemain tertua yang menang: Arnold Mühren (37 tahun 23 hari)

Ricardo Carvalho berusia 38 tahun 53 hari ketika Portugal memenangkan trofi pada 2016 tetapi dia tidak tampil di final itu sendiri. Mühren adalah pemain tertua yang memenangkan pertandingan penentuan, sang gelandang terutama memberikan umpan kepada Marco van Basten untuk memberi Belanda keunggulan dua gol melawan Uni Soviet di final Piala Eropa 1988 di Munich, Jerman.

Baca Juga: Belanda Vs Prancis Imbang, Polandia Jadi Tim Pertama Angkat Kaki dari Euro 2024

Pemain tertua di final: Jens Lehmann (38 tahun 232 hari)

Setelah karir yang sukses dengan Schalke, Borussia Dortmund, dan Arsenal, kiper Timnas Jerman ini, Jens Lehmann, berada di jalur untuk mundur dari sepak bola internasional pada tahun 2008, medali pemenangnya ditolak oleh Spanyol. Itu adalah sedikit penghiburan bahwa Lehmann membuat rekor malam itu sebagai finalis Euro tertua.

Pencetak gol tertua di final: Leonardo Bonucci (34 tahun 71 hari)

Menyalip Bernd Holzenbein yang telah mencetak gol untuk Jerman Barat melawan Cekoslowakia pada tahun 1976, bek Italia, Leonardo Bonucci, menjadi pemain kedua di atas usia 30 tahun yang mencetak gol di final Euro ketika ia mencetak gol dari jarak dekat di menit ke-67 untuk membuat skor menjadi 1-1 dalam penentuan Euro 2020 melawan Inggris. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS