Polres Konawe Ungkap Kepemilikan Ratusan Liter Minyak Goreng di Wawotobi

Aris Syam

Reporter

Sabtu, 12 Maret 2022  /  10:09 pm

Nampak ratusan liter minyak goreng di kediaman J di Kelurahan Lalosabila Kecamatan Wawotobi. Foto: Aris Syam/Telisik

KONAWE, TELISIK.ID - Personel Unit III Tipidter Polres Konawe berhasil mengungkap ratusan liter minyak goreng berbagai merek di Kelurahan Lalosabila Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe, Sabtu (12/3/2022).

Kasat Reskrim Polres Konawe, AKP Moch Jacub N Kamaru mengatakan, bedasarkan laporan dari masyarakat tentang adanya ratusan minyak goreng yang tersimpan di kediaman salah satu warga Wawotobi berinisial J.

"Berdasarkan laporan itu, kami langsung melakukan penyidikan dengan mendatangi rumah J," kata Jacub dalam keterangan tertulisnya.

Dari hasil penyelidikan, Polres Konawe berhasil menemukan ratusan minyak goreng yang tersimpan di rumah J yang yang beralamatkan di lorong SMA Nasional Kecamatan Wawotobi.

Minyak goreng tersebut berkisar 200 liter dalam merk dan ukuran kemasan berbeda, antara lain Fortune kemasan 1 liter 9 dos isi 12, Sabrina kemasan 1 liter 2 dos isi 12, Kunci mas kemasan 900 ml 3 dos isi 12, Filma kemasan 2 liter 5 dos isi 6, Seira kemasan 1000 ml 2 dos isi 12.

"Saudara J ini memperoleh minyak goreng dari beberapa warung yang berada di Kabupaten Morowali, dan baru tiba di rumahnya pada hari ini sekira pukul 05.00 Wita," ucapnya.

Rencanya, J akan menjual minyak goreng itu di pasar Wawotobi pada Minggu besok, namun tetangga J yang mengetahui itu berdatangan untuk membeli minyak, sehingga J menjualnya.

Baca Juga: Upaya Menyelamatkan Penyu di Wakatobi pada Hari Bakti Rimbawan

"J menjual dengan harga sebesar Rp 40.000 rupiah," ungkapnya.

Terkait proses selanjutnya, Jacub Kamaru mengatakan, dalam peristiwa itu pihaknya belum menemukan dua alat bukti untuk diproses lanjut.

“Unsur menimbun belum kita temukan. Minyak goreng baru tiba tadi subuh dan pengakuan yang bersangkutan minyak itu akan dijual besok di pasar Wawotobi,” pungkasnya.

Sementara itu, J membenarkan laporan tersebut, jika benar di rumahnya memiliki stok minyak goreng dengan berbagai merek untuk dijual.

Namun, J tidak memiliki niat untuk menimbun minyak goreng tersebut, pasalnya minyak goreng itu baru tiba di rumahnya hari ini, bukan sudah tersimpan cukup lama.

Baca Juga: Syekh Muhammad Jaber Safari Dakwah di Muna

"Saya belinya di Morowali, sudah 3 hari saya di sana, dan hari ini baru tiba, dan rencana besok saya mau jual ini minyak di pasar, jadi kalau orang bilang saya menimbun, itu tidak benar," kata J saat dikonfirmasi Telisik.id di rumahnya.

J juga mengatakan, jika sudah ada sebagian tetangganya sudah membeli minyak goreng tersebut dengan kisaran harga Rp 40 ribu.

"Saya jualkan itu Rp 40 ribu , karena saya beli di sana Rp 30 ribu, karena kita ambil juga ini minyak jauh sekali di Morowali dan itu pun saya keliling di sana," jelasnya.

Hal senada juga dikatakan tetangga J yang telah membeli minyak goreng miliknya. Fatma mengatakan, jika minyak goreng yang dibelinya itu seharga Rp 40 ribu dan juga membenarkan kalau J tidak memiliki niat untuk menimbun minyak goreng tersebut.

"Saya baru-baru beli tadi, karena barangnya juga baru datang," jelasnya. (A)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin