NasDem Bakal Lakukan Penjaringan Kandidat Calon Bupati Kolaka Utara 2024

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 13 Maret 2024
0 dilihat
NasDem Bakal Lakukan Penjaringan Kandidat Calon Bupati Kolaka Utara 2024
Ketua DPD NasDem Kolaka Utara, Zakaria Bakrie saat menyetor berkas DCT Caleg NasDem pada Pemilu 2024 di kantor KPU Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Posisi partai Nasional Demokrasi (NasDem) Kabupaten Kolaka Utara saat ini berada di atas angin "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Posisi partai Nasional Demokrasi (NasDem) Kabupaten Kolaka Utara saat ini berada di atas angin.

Pasalnya, partai besutan Surya Palo ini mendominasi perolehan kursi DPRD Kabupaten Kolaka Utara pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 dengan raihan 6 kursi.

Hal tersebut menjadikan partai yang selama ini mengusung tema "Restorasi Indonesia" dapat mengusung kandidat bakal calon (Balon) Bupati Kabupaten Kolaka Utara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pillada) serentak tahun 2024 tanpa harus koalisi dengan partai lain.

Meski saat ini telah bermunculan nama-nama yang diprediksi bakal menggaet NasDem sebagai kendaraan politik menuju Kolaka Utara satu, namun pengurus DPD NasDem Kolaka Utara masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) sebagai acuan.

Baca Juga: 25 Caleg Terpilih DPRD Kolaka Utara 2024-2029, Partai NasDem dan PKB Borong Kursi Parlemen

Menurut Ketua DPD NasDem Kolaka Utara, Zakaria Bakrie, salah satu keberhasilan partai NasDem dalam Pemilu 2024 karena partainya memposisikan diri sebagai partai terbuka untuk para caleg potensial dan hasilnya sesuai target.

"Saya pikir Pilkada kedepan NasDem akan tetap menjadi partai terbuka untuk siapapun. Karena itu, kita tetap membuka pendaftaran bagi calon, dengan kriteria utama mengacu pada hasil survei setiap bakal calon," jelasnya, Rabu (13/3/2024).

Kata dia, hasil survey merupakan salah satu kriteria penting untuk menentukan bakal calon Bupati Kabupaten Kolaka Utara yang akan diusul DPD NasDem ke Dewan Pengurus Wilayah (DPW).

"Tentu survey dilakukan lembaga yang direkomendasikan oleh NasDem. Tidak sembarang lembaga, ini penting sebab hasilnya akan jadi acuan sekaligus bahan evaluasi DPP NasDem," imbuhnya.

Lebih lanjut, mantan Kadis Perikanan dan Bakesbangpol Kolaka Utara ini menyatakan, meski belum ada juknis dari DPP sebagai acuan, namun gambaran umumnya DPD tetap melakukan penjaringan atau membuka pendaftaran tanpa mahar (gratis).

"Jadi nanti DPD akan mengusun (kirim.red) dua atau tiga nama hasil penjaringan ke DPW untuk selanjutnya dievaluasi dan memfinalisasi bakal calon yang tepat bersama DPP," tukasnya.

Baca Juga: Ini 2 Caleg Asal Kolaka Utara Diprediksi Lolos DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Satu Incumbent Tumbang

Terkait koalisi dengan partai lain, kata dia, sifatnya masih dinamis tergantung pergerakan dan konstalasi politik jelang Pilkada.

"Koalisi dengan partai lain tetap terbuka," tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD NasDem Kolaka Utara Abdul Azis saat ditemui beberapa waktu lalu enggang berkomentar banyak terkait perolehan kursi NasDem dan Pilkada 2024 mendatang.

"Nanti hubungi saja ketua DPD atau Ketua Bapilu NasDem, mereka lebih kompoten tuk memberikan keterangan," jawabnya singkat. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga