Ragu Terhadap Kesembuhannya, Pasien COVID-19 Diarahkan ke Bapelkes

Ahmad Sadar

Reporter

Senin, 10 Agustus 2020  /  3:14 pm

Balai Pelatihan Kesehatan Kota kendari . Foto: Ahmad Sadar/Telisik

KENDARI, TELISK.ID – Setelah dinyatakan sembuh, pasien COVID-19 yang ada di Rumah Sakit Bahteramas diarahkan ke Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes). Hal ini berlaku bagi pasien COVID-19  yang masih ragu terhadap kesembuhannya untuk pengecekan secara berulang.

Selain itu, setelah proses penyembuhan di ruang isolasi RS Bahteramas, sebagian pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh bisa langsung dipulangkan ke rumahnya atau ke daerah asalnya masing-masing.  Namun beberapa pasien yang masih ragu akan kesembuhannya diarahkan langsung ke Bapelkes.

“Kalau yang di RS Bahteramas ini, untuk pasien yang sudah sembuh, ada yang langsung pulang. Tapi kemarin ada beberapa pasien yang dibawa ke Bapelkes. Mereka pasien yang sudah sembuh tapi belum berani pulang ke rumah karena masih ragu. Biasanya dibawa di Bapelkes untuk cek ulang,” jelas Kepala Isolasi RS Bahteramas, Mulyanto, Senin (10/8/2020).

Baca juga: Ruang Perawatan COVID-19 di RSUD Kota Kendari Penuh

Mulyanto mengatakan, pasien COVID-19  yang dinyatakan sembuh dan masih ragu dengan kesembuhannya diarahkan ke Bapelkes serta difasilitasi disana.

“Di Bapelkes difasilitasi, apa lagi sekarang masih dilakukan pengecekan secara berulang,” ungkapnya.

Kepala Ruang Isolasi di RS Bahteramas ini juga mengatakan, untuk saat ini, pasien COVID-19 bertambah setiap harinya,  namun banyak pula yang sembuh.

“Iya yang sembuh banyak juga, ada yang dari Bombana, Konsel, Konkep dan Kota Kendari.

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali