Sepanjang Tahun 2021 BNNP Sultra Musnahkan 6 Kilogram Narkotika Jenis Sabu

Andi May

Reporter

Rabu, 29 Desember 2021  /  11:38 am

Press release akhir tahun 2021 BNNP Sultra. Foto: Andi May/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah memusnahkan 6 kilogram narkotika jenis sabu sepanjang tahun 2021.

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabarudin Ginting mengatakan, pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu telah dilakukan sebanyak 5 kali di tahun 2021.

"Sepanjang tahun 2021 sudah 5 kali pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu dengan berat 6 kilo 540,2 gram," ujarnya, Rabu (29/12/2021).

Ia juga mengatakan, pihaknya berhasil mengungkap 12 laporan kasus narkoba dengan mengamankan 18 orang tersangka.

"16 orang laki-laki dan 2 perempuan dengan barang buktinya antara lain narkotika jenis sabu sebanyak 7 kilo 8,4456 gram, serta narkotika jenis ganja sintetis atau tembakau gorila sebanyak 3,35 gram," ucap Sabarudin.

Dalam pengungkapan tersebut, lanjut Sabarudin, BNNP Sultra berhasil mengungkap jaringan internasional dan antar provinsi.

"Jaringan Internasional yakni Malaysia Kolaka, sedangkan jaringan antar provinsi, Samarinda Kendari, Makassar Kendari, Medan Kendari, dan Riau Kendari," jelas Sabarudin.

Sementara itu, beberapa pengungkapan jaringan antar kabupaten kota yang ada di Sultra.

"Kendari Muna, Kendari Kolaka, Kendari Konawe serta Konawe Utara," tambahnya.

Berbagai modus operandi yang dilakukan pengedar, kata Sabarudin, berhasil diungkap oleh BNNP Sultra.

Baca Juga: Dinilai Tebang Pilih, Pemilik RM Kampung Mangrove Tuntut Keadilan Pemkot Kendari

"Adapun modus operandi pengedar, ditempelkan pada anggota tubuh dengan menggunakan korset kemudian melalui pesawat terbang, menggunakan jasa ekspedisi dan sistem tempel," tuturnya.

Ia juga menegaskan, dalam pemberantasan narkotika tidak terlepas dari dukungan masyarakat dalam memberikan informasi akan adanya peredaran narkotika.

Baca Juga: Jokowi Jadi Presiden Paling Rajin Datang ke Sultra

Sabarudin juga mengatakan, BNNP Sultra terus berupaya maksimal dalam rangka menyelamatkan masa depan Sultra dari ancaman penyalahgunaan narkoba. (C-Adv)

Reporter: Andi May

Editor: Haerani Hambali