Jokowi Jadi Presiden Paling Rajin Datang ke Sultra

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 28 Desember 2021
0 dilihat
Jokowi Jadi Presiden Paling Rajin Datang ke Sultra
Presiden Jokowi saat berkunjung di PT VDNI, Kabupaten Konawe. Foto: Sekretariat Presiden

" Selama periode tahun 2019-2021, tercatat Jokowi sudah empat kali hadir di Sultra dengan berbagai agenda "

KENDARI, TELISIK.ID - Presiden Jokowi kembali hadir di Bumi Anoa dalam kunjungan kerja (kunker) di dua kabupaten berbeda yang ada di Sultra.

Kunjungan itu dilakukan Jokowi untuk meresmikan pembangunan pabrik smelter milik PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe dan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur.

Telisik.id merunut, selama periode tahun 2019-2021, tercatat Jokowi sudah empat kali hadir di Sultra dengan berbagai agenda.

Pertama pada 1 Maret 2019, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kunjungan kerja Jokowi ke Kendari saat itu berlangsung selama dua hari yakni 1-2 Maret 2019 dengan agenda jalan santai, peninjauan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), pencanangan tapal batas kepemilikan tanah, dan pembagian sertifikat tanah.

Kunjungan presiden ke Kendari tahun 2019 merupakan kedua kalinya setelah pada November 2014, ia hadir di kota berjuluk "Bumi Anoa" itu untuk menghadiri acara Munas Kagama dan kunjungan ke Pelabuhan Perikanan Samudra di Abeli.

Kedua pada 22 Oktober 2020, Jokowi melakukan kunjungan kerja untuk melakukan peninjauan lokasi panen tebu sekaligus meresmikan pabrik gula di Kabupaten Bombana. Seperti diketahui, pabrik gula yang ada di Kabupaten Bombana merupakan salah satu pabrik gula dengan jumlah produksi terbesar di Indonesia. 

Selanjutnya, Jokowi juga meresmikan Jembatan Teluk Kendari. Jembatan tersebut dibangun untuk menunjang sistem jaringan jalan yang ada di wilayah setempat. Selain itu, jembatan tersebut diharapkan dapat mendukung proses percepatan pengembangan wilayah Kota Kendari.

Ketiga pada 30 Juni 2021, Jokowi hadir di Sultra dengan agenda memastikan Pemerintah Daerah aktif dalam penanganan COVID-19.

Presiden Jokowi juga meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sultra dan menghadiri Pembukaan Musyawarah Nasional atau Munas ke-VIII Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Tahun 2021.

Keempat pada 27 Desember 2021 hingga hari ini, Jokowi kembali melakukan kunjungan kerja di Sultra. Dalam lawatannya, Jokowi akan meresmikan pembangunan pabrik smelter PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe.

Selanjutnya, Jokowi akan meresmikan Bendungan Ladongi di kabupaten Kolaka Timur.

"Saya meninjau lokasi pengolahan biji nikel di pabrik smelter Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pemerintah berkomitmen melanjutkan kebijakan hilirisasi industri sektor pertambangan dengan menghentikan ekspor bahan mentah produk pertambangan secara bertahap," tulis Jokowi di akun instagramnya, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Puskesmas Abeli Terima Fasilitas Baru, Anggarannya Capai Rp 3 Miliar

Digali dari beberapa sumber, ada beberapa nama presiden yang pernah berkunjung ke Sultra seperti Soeharto yang berkuasa selama 32 tahun. Ia sudah 5 kali sepanjang kekuasaannya berkunjung ke Sultra, salah satunya pada 27 September 1988 untuk meninjau desa transmigrasi dan meresmikan 10 sektor pembangunan di Kendari.

Presiden Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur pernah berkunjung di Sultra pada 2001 untuk melakukan penanaman jati super di Kabupaten Muna.

Baca Juga: Menyoal Isu Sampah, DLHK Kota Kendari Minta Masyarakat Patuhi Ini

Selanjutnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dua kali berkunjung di Sultra. Yang paling melekat adalah saat resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 21 tingkat nasional pada 29 Juni 2006 di Kota Kendari. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga