Setiap Tahun Santri Bertambah, Bukti Belajar di Pondok Pesantren Semakin Diminati

Fitrah Nugraha

Reporter

Jumat, 19 Maret 2021  /  11:17 am

Sejumlah santri di Pondok Pesantren Al-Ihsan Baron 4 Kendari. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID - Pondok Pesantren semakin diminati oleh para orang tua untuk tempat pendidikan anaknya. Hal ini ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah santri di Pesantren yang ada di Kota Kendari.

Sejak beberapa tahun terakhir ini, Pondok Pesantren di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai menjamur, salah satu yang belum lama berdiri yakni Pondok Pesantren Al-Ihsan Baron 4 Kendari.

Ketua Yayasan Pondok pesantren Al Ihsan Baron Kendari Ustadz Muhadir Salam ST mengatakan, antusias masyarakat menyekolahkan anak mereka di Pondok Pesantren semakin tinggi.

Hal tersebut berdasarkan jumlah orang tua yang mendaftarkan anaknya masuk di Pondok Pesantren yang didirikannya pada 2018 silam ini, setiap tahunnya terus bertambah.

"Alhamdulillah, waktu begitu cepat berlalu, tidak terasa kami sudah memasuki tahun ketiga. Teringat di masa-masa awal, santri kami berjumlah puluhan, tahun berikutnya bertambah tiga kali lipat, hingga pada tahun ketiga ini santri kami sudah mencapai ratusan orang," katanya, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Jangan Lewatkan Program Belajar dari Rumah di TVRI Nasional

Melihat antusiasme masyarakat yang setiap tahun terus meningkat untuk menyekolahkan anaknya di Pondok, maka pihaknya menilai bahwa kehadiran Pondok Pesantren Al-Ihsan Baron di Kota Kendari merupakan suatu jawaban dari kebutuhan para orang tua, yang memang ingin anaknya menimba ilmu di Pesantren dalam area Kota Kendari.

Apalagi selama masa pandemi, Pondok Pesantren yang dipimpin (Mudir) Ustadz Aluddin, S.Pd ini sudah nelakukan proses pembelajaran secara offline, yang mengikuti anjuran dari Kementerian Agama (Kemenag).

Sehingga, ini merupakan kabar baik bagi masyarakat, khususnya orang tua yang sedang bingung mencari sekolah agama yang melakukan pembelajaran offline.

"Alhamdulillah, kami sudah offline sehingga proses belajar mengajar bisa lebih optimal tentunya. Jadi ini bisa menjadi solusi bagi orang tua sekalian yang sedang mencari sekolah terbaik untuk anak-anaknya," ujarnya.

Selain itu, untuk tahun ajaran baru 2021/2022 ini pihaknya tidak hanya menyediakan layanan pendidikan formal SMP dan SMA saja, tapi juga memberikan layanan Pondok Tahfidz Qur’an dengan target hafalan 15 juz untuk masing-masing jenjang SMP dan SMA.

"Hafalan mereka kami standarisasi dengan metode Ummi, dengan tim pengajar yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Ummi Foundation," pungkasnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TOPICS