Siswa SMP Bentak hingga Banting Buku di Depan Guru saat Ditanya PR

Ahmad Jaelani

Reporter

Minggu, 20 Oktober 2024  /  9:16 pm

Potongan video siswa SMP sedang membentak gurunya. Foto: Screenshoot video

PASURUAN, TELISIK.ID - Sebuah video yang memperlihatkan aksi tak terpuji seorang siswa SMP sedang viral di media sosial. Dalam video tersebut, siswa berseragam SMP terlihat dengan jelas membentak gurunya saat ditanya mengenai tugas pekerjaan rumah (PR) yang belum dikerjakannya.

Sikap itu membuat banyak pihak geram karena tindakan siswa ini jauh dari rasa hormat yang ditunjukkan kepada seorang guru.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun Snack @kabarberita dan akun X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) @Heraloebss, dan segera menarik perhatian publik.

Di dalam video, terlihat siswa SMP tidak hanya membentak, tetapi juga dengan marah membanting buku ke meja di hadapan gurunya.

Saat sang guru bertanya tentang PR yang tidak dikerjakan, siswa yang ditanya langsung bereaksi dengan emosi yang memuncak dan merasa tidak bersalah atas tindakannya. Siswa itu sempat mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya adalah seorang yatim piatu.

Baca Juga: Video Syur Diduga Sales Motor di Sulawesi Tenggara Terpecah Tiga Bagian, Berikut Isi Adegannya

Ketika guru dengan penuh perhatian menawarkan untuk merapikan rambutnya yang sudah tampak panjang, tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh siswa dengan nada arogan.

Video tersebut terdiri dari dua bagian yang memperlihatkan rangkaian kejadian yang sama. Dalam salah satu bagian video, siswa laki-laki itu terlihat sangat tidak senang ketika ditanya mengenai PR oleh gurunya.

Wajahnya terlihat penuh kejengkelan dan ia menjawab pertanyaan gurunya dengan nada yang ketus.

“Dadi lek bunda ngajar sampeyan nggak ngrungokno ta?” (Jadi kalau ibu mengajar kamu tidak mendengarkan, ya?) tanya sang guru kepada siswa tersebut.

“Ndak ngrungokno!” (Tidak mendengarkan!) jawab siswa itu dengan tegas.

“Nggak tau ngrungokno?” (Tidak tahu mendengarkan?) sang guru menegaskan kembali.

“Iyo!” (Iya!) sahut siswa itu.

Guru tersebut kemudian bertanya, “Terus, sampeyan gunane opo sekolah?” (Lalu, kamu untuk apa sekolah?).

Siswa tersebut, tanpa menunjukkan rasa hormat, menjawab, “Turu” (Tidur).

“Turu ndek endi?” (Tidur di mana?) tanya sang guru lagi.

Siswa itu dengan nada cuek menjawab, “Ndek pendeman, kuburan” (Di kuburan).

Pembicaraan tersebut terus berlangsung dengan nada semakin tinggi. Selain membanting buku, siswa ini terus bersikap kasar di depan teman-temannya yang hanya bisa menyaksikan tanpa memberikan intervensi.

Kejadian ini mengundang reaksi keras dari masyarakat yang melihat video tersebut.

Baca Juga: Polisi Kolaka Gencarkan Patroli di Pelabuhan

Di antara banyak komentar yang muncul, akun @hambamu menulis, “Murid sekarang gak ada etika dan sopan santun…” Akun lain, @sakera, menyuarakan pendapatnya dengan tegas, “Keluarkan aja, suruh orang tuanya yang ngajarin!”

Kejadian itu dilaporkan terjadi di salah satu SMP Negeri di Grati, Pasuruan. Siswa dalam video berinisial MR, seorang warga Grati yang saat ini duduk di kelas 9 SMP. Informasi ini juga dibenarkan oleh Plt Kasi Humas Polres Pasuruan Kota, Aipda M Junaidi.

“Sekarang kelas 9 anaknya,” jelas Junaidi ketika dikonfirmasi awak media, seperti dikutip dari detikJatim, Minggu (20/10/2024).

Banyak pihak menyayangkan perilaku siswa ini, terutama dalam konteks pendidikan dan etika yang seharusnya diajarkan sejak dini.

Kasus ini menjadi sorotan karena menunjukkan adanya pergeseran dalam sikap dan perilaku siswa terhadap guru, yang seharusnya menjadi sosok yang dihormati dan dihargai di lingkungan sekolah. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS