Sosok Basuki Hadimuljono, di Hadapan DPR Pamit Undur Diri dari Menteri PUPR

Ahmad Jaelani

Reporter

Selasa, 10 September 2024  /  3:06 pm

Basuki akan memasuki masa purnajabatan. Dia akan pensiun pada 20 Oktober 2024, seiring dengan pergantian pemerintahan. Foto: Repro Setkab.go.id

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengucapkan selamat tinggal di hadapan Komisi V DPR RI. Momen tersebut menjadi penutup perjalanan panjangnya sebagai menteri menjelang akhir masa jabatan pada 20 Oktober mendatang.

Di depan para anggota DPR, Basuki mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi atas kerja sama yang terjalin selama ini. Basuki menyampaikan bahwa setiap kali hendak menghadiri rapat kerja bersama Komisi V, ia selalu merasa mules.

"Tapi ternyata, raker sangat membantu, mendorong saya sebagai menteri untuk koreksi kepada para pimpinan," ujarnya saat rapat, seperti dikutip dari Tempo, Selasa (10/9/2024).

Basuki Hadimuljono yang telah menjabat sebagai Menteri PUPR selama dua periode pemerintahan Presiden Jokowi, memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan. Ia juga mengapresiasi pengawasan yang dilakukan oleh Komisi V.

"Mewakili keluarga besar Kementerian PUPR dan balai-balai yang ada di seluruh provinsi, saya menyampaikan terima kasih atas pengawasan Komisi V," tutur Basuki.

Baca Juga: Bertemu Menteri PUPR, Ketua DPRD Kolaka Utara Sampaikan Kondisi Jalan Provinsi Rusak Berat

Basuki berharap silaturahmi dengan mitra kerja kementeriannya tetap terjaga meski ia akan meninggalkan jabatannya. "Andai ada kata-kata yang tidak sama, mohon maaf, please jangan dipendam," katanya.

Selama sepuluh tahun masa jabatannya, Basuki turut berperan dalam berbagai proyek pembangunan besar, termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Setelah Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mundur pada Juni lalu, Basuki dipercaya oleh Presiden Jokowi sebagai Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN.

Basuki yang lahir di Surakarta pada 5 November 1954, memulai karirnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Pekerjaan Umum pada usia 25 tahun. Dia melanjutkan pendidikan ke jenjang magister dan doktor dengan beasiswa di Colorado State University, Amerika Serikat.

Basuki menyelesaikan pendidikan magisternya di usia 35 tahun dan meraih gelar doktor pada usia 38 tahun. Ini adalah bagian dari perjalanan panjangnya di dunia pekerjaan umum.

Baca Juga: Sosok Sari Yuliati, Bendahara Umum Golkar Kepercayaan Bahlil

Setelah kembali ke Indonesia, Basuki menjabat berbagai posisi penting, mulai dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum periode 2005-2007, Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum, hingga Direktur Jenderal Penataan Ruang.

Karirnya yang gemilang di kementerian ini akhirnya membawanya menjadi Menteri PUPR pada 2014 dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK.

Kinerja Basuki yang menonjol selama periode pertamanya membuatnya dipercaya untuk kembali menjabat sebagai Menteri PUPR dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024.  (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS