Ternyata Ini 6 Penyebab Sariawan, Salah Satunya karena Stres

Fitrah Nugraha

Reporter

Kamis, 26 Mei 2022  /  10:50 am

Sariawan bisa muncul di mana saja di dalam mulut, termasuk di dalam pipi, gusi, lidah, bibir, dan langit-langit mulut. Foto: Repro hellosehat.com

KENDARI, TELISIK.ID - Sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang sering dialami seseorang dan cukup mengganggu aktivitas.

Dikutip dari halodoc.com, sariawan merupakan peradangan pada mulut yang terasa nyeri, sehingga bisa mengganggu pengidapnya untuk makan, berbicara, dan tidur.

Sariawan bisa muncul di mana saja di dalam mulut, termasuk di dalam pipi, gusi, lidah, bibir, dan langit-langit mulut.

Secara umum, ada beberapa penyebab sariawan yang perlu diketahui. Melansir dari Suara.com - jaringan Telisik.id, adapun beberapa penyebabnya sebagai berikut:

1. Stres

Hubungan antara stres dan sariawan tidak dipahami dengan baik, tetapi penelitian menunjukkan bahwa peningkatan tingkat stres dapat menyebabkan bisul atau sariawan berkembang. 

2. Perubahan hormonal

Fluktuasi hormon dapat menyebabkan sariawan. Wanita yang rentan terhadapnya mungkin memicu timbulnya borok atau sariawan dalam beberapa hari sebelum menstruasi dan hilang setelah selesai.

Baca Juga: Sering Sakit Kepala Sebelah? Ini 6 Cara Mengatasinya

3. Kekurangan gizi

Anda mungkin mengalami sariawan jika tubuh Anda kekurangan nutrisi tertentu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin B yang rendah dapat meningkatkan risiko sariawan yang menyakitkan ini. Studi lain menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah juga dapat menyebabkan sariawan. 

4. Jenis makanan tertentu

Makanan asam seperti lemon, limau, jeruk, tomat, stroberi, dan banyak lagi, terkadang dapat menyebabkan sariawan berkembang. Anda juga dapat mengalami sariawan jika Anda sensitif terhadap jenis makanan tertentu, seperti cokelat, kopi, telur, atau apa pun yang pedas.

Baca Juga: Mengenal Susu Kecoa yang Disebut Tiga Kali Lebih Bergizi dari Susu Sapi

5. Bahan-bahan tertentu dalam pasta gigi

Sodium lauryl sulfate, bahan umum dalam pasta gigi dan obat kumur, dapat juga menyebabkan sariawan. Studi menunjukkan orang yang menggunakan produk perawatan mulut dengan bahan ini lebih mungkin untuk mengalami sariawan.

6. Cedera mulut

Cedera pada jaringan lunak di dalam mulut seperti luka karena menyikat terlalu keras, menggigit pipi, menggosok dari kawat gigi, atau gigi palsu yang tidak pas, terkadang juga dapat menyebabkan sariawan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali