Makanan yang Cocok untuk Pemilik Kulit Kering

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 14 Maret 2024
0 dilihat
Makanan yang Cocok untuk Pemilik Kulit Kering
Nutrisi memainkan peran penting dalam menjaga pelindung kulit. Foto: Repro Detik Food

" Tidak hanya air, agar memiliki kulit sehat dan tidak kering juga bisa didukung dari buah-buahan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun perlu digarisbawahi, tidak semua jenis buah bisa membantu merawat kulit "

KENDARI, TELISIK.ID – Tidak hanya air, agar memiliki kulit sehat dan tidak kering juga bisa didukung dari buah-buahan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun perlu digarisbawahi, tidak semua jenis buah bisa membantu merawat kulit.

Nutrisi memainkan peran penting dalam menjaga pelindung kulit. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dapat memberikan mineral dan vitamin yang dibutuhkan kulit.

Dilansir dari Pinkvilla.com, berikut ini buah yang bisa membantu mencegah kulit kering dan kusam.

- Mangga

Buah mangga paling baik dikonsumsi sebagai buah dalam esensi mentahnya. Sebab, mangga dikemas dengan flavonoid dan vitamin A, E, C, dan K. Jadi, buah satu ini bisa membantu meredakan peradangan, menghidrasi kulit, meningkatkan kilau kulit, dan memperbaiki tekstur.

Baca Juga: Sembelit saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasinya

- Jeruk

Jika Anda menyukai jeruk, buah satu ini kaya akan antioksidan yang dapat membantu kulit berpigmen, menua, kering dan kusam. Selain itu, juga membantu meningkatkan produksi kolagen, mencerahkan, memudarkan bintik hitam, mengurangi tanda-tanda penuaan dini, dan memberi nutrisi pada kulit.

- Semangka

Buah satu ini menjadi pemenang yang dapat mendinginkan tubuh. Itu karena buah semangka mengandung 92 persen air. Selain itu, buah semangka juga memiliki segala vitamin C, A, B1, B6, dan Lycopene. Vitamin itulah yang bekerja untuk menjaga garis-garis halus dan kerutan, memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya bersinar, yang terakhir melindungi kulit Anda dari kerusakan lebih lanjut.

Baca Juga: Catat, 5 Tips Puasa Bagi Pengidap Asam Lambung

Selain buah-buahan, dikutip dari Hellosehat.com, makanan yang perlu dikonsumsi untuk mengatasi kulit kering adalah kacang-kacangan.

Kacang, seperti almond dan kacang kenari, mengandung asam esensial yang tinggi, yaitu asam lemak omega-3, omega-6, protein, dan nutrisi penting lainnya.

Kandungan nutrisi pada kacang dipercaya dapat membantu menjaga kekencangan dan integrasi sel, melembapkan sel, hingga melembutkan kulit.

Bila digunakan dengan benar, konsumsi atau penggunaan kacang bisa membantu kulit tampak bercahaya. Anda bisa menambahkan kacang-kacangan ke dalam salad atau susu saat sarapan. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga