Trik Perkuat Jaringan HP Tanpa Aplikasi

Merdiyanto

Content Creator

Kamis, 11 Juli 2024  /  9:21 pm

Jaringan buruk akan menghambat aktivitas saat berselancar di dunia maya. Foto: Repro Flip.id

KENDARI, TELISIK.ID - Jaringan buruk menjadi masalah klasik yang sering dialami pengguna smartphone dari dulu. Tidak heran banyak orang yang mencari cara untuk memperkuat sinyal jaringannya.

Pasalnya, jaringan buruk akan menghambat aktivitas seperti panggilan yang putus-putus,  pesan tidak masuk, tidak bisa nonton video yang disuka.

Jika Telisikers mengalami keadaan jaringan HP buruk, ada cara cepat untuk meningkatkan sinyal ponsel. Berikut beberapa trik untuk memperkuat jaringan di HP dengan mudah seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Aktifkan dan menonaktifkan mode pesawat

Mematikan dan menghidupkan kembali jaringan HP adalah cara tercepat dan termudah untuk memperkuat jaringan. Daripada menonaktifkan gawai dan menyalakannya kembali, pengguna dapat memilih opsi yang satu ini.

Baca Juga: Modus Penipuan Lewat Foto Profil WhatsApp, Begini Cara Kunci Agar Orang Lain Tak Bisa Screenshot

Jika Telisikers mengaktifkan mode Pesawat akan merefresh ulang modem WiFi, Bluetooth, dan jaringan seluler, yang memaksa untuk menemukan sinyal terbaik di area tersebut.

2. Charge Baterai

Siapa sangka jika kondisi baterai bisa mempengaruhi efek penguatan jaringan pada HP meski tidak terlalu besar, namun cara yang satu ini perlu dicoba.

Selain itu selalu waspada saat melakukan pengisian daya baterai HP, karena pengisian yang maksimum tidak dianjurkan. Oleh karena itu, jangan biarkan HP terisi dalam kondisi tidur.

3. Periksa pengaturan operator

Operator seluler sering memunculkan pembaruan pengaturan operator untuk membantu meningkatkan konektivitas untuk panggilan, data, dan pesan di jaringannya.

Meski fitur ini tersedia di semua HP iPhone, namun fitur ini tidak bersifat universal di Android. Oleh sebab itu, pengguna mungkin tidak menemukan pengaturan operator jika tidak memiliki ponsel yang didukung.

4. Hindari penggunaan case penutup sinyal

Pelindung atau case HP yang terlalu tebal di bagian antena sinyal dapat mengakibatkan performa jaringan jelek. Karena itu, sangat disarankan untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan case yang terlalu tebal atau apapun yang dapat menutup antena penerima sinyal.

Baca Juga: Metode Ini Diklaim Ampuh untuk Memperoleh Bayi Kembar Perempuan

5. Ganti kartu

Tidak semua kartu selalu mempunyai kekuatan jaringan terbaik di setiap daerah di tanah air. Jika Telisikers merasa kesal dengan sinyal yang buruk.

Maka tak ada salahnya, menggunakan kartu baru untuk membuktikan, HP atau kartunya yang menyebabkan jaringan buruk.

6. Setel ulang pengaturan jaringan HP

Menyetel ulang pengaturan jaringan HP merupakan salah satu cara untuk mempercepat sinyal. Namun perlu diingat, menyetel ulang pengaturan jaringan akan menyetel ulang kata sandi WiFi yang disimpan, koneksi VPN, dan setelan APN khusus untuk operator yang memerlukan penyiapan tambahan.

Itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk memperkuat jaringan HP. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS