Usai Lantik Anton Timbang, Ketua MPR RI Singgung Pembangunan Sirkuit Nanga-Nanga

Kardin

Reporter

Rabu, 09 Februari 2022  /  9:41 pm

Prosesi foto bersama dengan pengurus IMI Sultra untuk periode 2021-2025 yang diketuai Anton Timbang. Foto: Kardin/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, melantik Anton Timbang sebagai Ketua IMI Sultra untuk periode 2021-2025, Rabu (9/2/2022).

Usai melantik Anton Timbang, Bambang Soesatyo menyinggung, terkait pembangunan sirkuit di wilayah Nanga-Nanga Kota Kendari.

Katanya, pembangunan sirkuit merupakan pilihan tepat, karena dapat mendatangkan para penggemar otomotif di seluruh dunia. Sehingga hal itu akan meningkatkan pendapatan daerah dan ekonomi masyarakat.

“Menyelesaikan sirkut akan mendongkrak ekonomi masyarakat Sultra. Karena hal ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Bambang Soesatyo.

Bambang Soesatyo yang juga Ketua MPR RI mengungkapkan, adanya komunitas dapat memperkuat semangat persaudaraan dan semangat kebangsaan.

"Semoga semangat di antara para komunitas makin memperkuat silaturahmi, makin memperkuat rasa memiliki kebangsaan untuk menjaga NKRI dari berbagai gangguan," katanya.

Baca Juga: Di Kendari, 1000 Tandatangan JMSI Dukung KPK Berantas Korupsi

Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi yang juga hadir pada kesempatan itu menyampaikan, dengan pelantikan ini terbangun kekompakan di antara semua pengurus, layaknya sebuah tim kerja berlandaskan semagat kebersamaan dalam mewujudkan visi dan misi organisasi.

"Menata format dan peningkatan konsolidasi dalam menyikapi dan merespon perkembangan pembangunan olahraga bermotor di daerah ini, yang teraktualisasi secara nyata dalam bentuk program kegiatan pembinaan atlit olahraga bermotor di Sultra," ucapnya.

Dia berharap IMI dapat mendorong peningkatan peran dalam pembangunan olahraga bemotor. IMI memiliki tanggung jawab dalam pembentukan dan memajukan olahraga di daerah ini.

Kata Ali Mazi, IMI sebagai induk organisasi dari olahraga bermotor di Indonesia, baik mobil maupun sepeda motor menjadi kekuatan dalam mewujudkan harapan dan cita-cita pembangunan olahraga motor di Sultra.

"Melalui perencanaan dan pengkoordinasian dalam melaksanakan pembinaan dan peningkatan prestasi atlet guna mewujudkan prestasi keolahragaan menuju prestasi internasional,” jelasnya.

Usai dilantik sebagai Ketua IMI Sultra untuk ke tiga periode, Anton Timbang menyampaikan, IMI bukan hanya sekadar wadah untuk mempertemukan sesama pencinta otomotif, tetapi IMI menjadi ruang pengabdian sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Baca Juga: KM Tilongkabila Berhenti Beroperasi

"IMI adalah sarana kita untuk mengambil peran membangun karakter bangsa. IMI adalah organisasi non profit, bukan organisasi untuk menjadi tempat mencari keuntungan pribadi," ujarnya.

Anton Timbang mengaku, di awal kepengurusannya telah menginisiasi sirkuit balap motor yakni di Kolaka Utara, Kolaka, dan Bombana. Kemudian pihaknya juga sementara menyelesaikan pembangunan sirkuit balap motor yang berada di Nanga-Nanga.

Pembangunan sirkuit Nanga-Nanga dimulai sejak 2019 dan saat ini masih membutuhkan anggaran sebesar Rp 30 miliar lagi.

"Kita berharap tahun 2023 sudah bisa digunakan. Sirkuit ini terbaik se-Indonesia timur," pungkasnya. (A)

Reporter: Kardin