Warga Muna Barat Keluhkan Jalan Rusak, Paslon Darwin-Ali Janji Prioritaskan Perbaikan

Putri Wulandari

Reporter Muna Barat

Kamis, 17 Oktober 2024  /  4:29 pm

Warga Desa Sidomakmur dan Desa Wulanga Jaya mengeluhkan kondisi jalan yang mengalami kerusakan. Foto: Putri/Telisik

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Masyarakat Desa Sidomakmur dan Desa Wulanga Jaya, Kecamatan Tiworo Kepulauan mengeluhkan kondisi jalan penghubung antar desa yang dipenuhi kubangan besar dan tak kunjung diperbaiki.

Mereka berharap agar perbaikan jalan ini menjadi perhatian utama Paslon tunggal Darwin-Ali.

Menurut warga, kondisi jalan tersebut memburuk ketika hujan karena dipenuhi lumpur, dan saat kemarau, pengguna jalan harus menghadapi debu tebal.

Jalan ini menghubungkan beberapa desa, seperti Kelurahan Waumere ke Wulanga Jaya, Sidomakmur (SP3), serta dari SP3 menuju Lawada Jaya dan SP1.

"Ini jalan penghubung antar desa, kami berharap agar segera diperbaiki," kata seorang warga, Muhammad Arifin, Kamis (17/10/2024).

Baca Juga: Petani Aren Barakah Muna Barat Keluhkan Harga Jual dan Jalan ke Darwin - Ali

Warga menyesalkan bahwa meski jalan tersebut merupakan satu-satunya akses utama yang dilalui masyarakat, belum ada perhatian serius untuk perbaikannya.

Mereka berharap agar Paslon Darwin-Ali, jika terpilih, dapat memprioritaskan perbaikan infrastruktur ini.

Selain masalah jalan, warga juga berharap agar budaya lokal tetap dipertahankan. Mereka mengusulkan agar pemerintah daerah mendukung pelestarian budaya melalui pentas seni dan pertunjukan, guna memastikan nilai-nilai tradisional tidak luntur bagi generasi muda.

Baca Juga: Warga Sawerigadi Muna Barat Keluhkan Infrastruktur Tertinggal, Paslon Darwin-Ali Janji Perbaikan

Menanggapi hal tersebut, Paslon Darwin-Ali menyatakan bahwa perbaikan infrastruktur, termasuk jalan penghubung antar desa dan jalan usaha tani, akan menjadi program prioritas mereka jika terpilih dalam Pilkada.

Darwin menegaskan bahwa jalan usaha tani nantinya akan diperlebar dan diaspal untuk memudahkan distribusi hasil pertanian dengan menggunakan mobil, bukan lagi sepeda motor.

"Keluhan warga terkait jalan akan menjadi prioritas kami, termasuk infrastruktur utama dan usaha tani. Selain itu, kami juga berkomitmen untuk memelihara dan mempromosikan budaya melalui pentas seni, mengingat kemajemukan budaya dan suku di Muna Barat," ujar Darwin. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS