Belasan Pelajar Berprestasi di Kolaka Utara Terima Dana Pembinaan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 18 Agustus 2024
0 dilihat
Belasan Pelajar Berprestasi di Kolaka Utara Terima Dana Pembinaan
Penjabat Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding didampingi Kadis Dikbud Kolaka Utara, Muh. Idrus, menyerahkan secara simbolik dana pembinaan kepada para siswa berprestasi ajang OSN dan FLS2N tahu 2024. Foto: Muh. Risal H/2024

" Pemerintah Kabupaten Kolaka menyerahkan dana pembinaan untuk 12 pelajar berprestasi peserta kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD dan SMP "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), menyerahkan dana pembinaan untuk 12 pelajar jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dana tersebut diserahkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Muh. Idrus, pada malam puncak perayaan HUT ke-79 RI di Alun-Alun Kirambu, Kota Lasusua, Sabtu (17/8/2024) malam.

Penyerahan penghargaan ini turut disaksikan Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, Kapolres Kolaka Utara, AKBP Arif Irawan, Forkopimda, Sekda Kolaka Utara, Taufiq, para Asisten, kepala OPD, tamu undangan, dan masyarakat Kolaka Utara.

Menurut Muh. Idrus, mereka yang menerima dana pembinaan merupakan siswa berprestasi peserta kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD dan SMP.

"Tahun 2024 ini Kabupaten Kolaka Utara mengutus tujuh perwakilan cabang lomba mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara," ujar Idrus.

Untuk kegiatan OSN, Dikbud mengikuti dua cabang lomba yakni mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diikuti dua orang pelajar tingkat SD. Diwakilkan siswa SDN 1 Watunohu dan SDN 7 Watunohu.

"Sementara cabang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tingkat SMP diikuti dua orang peserta dari SMPN 13 Kolaka Utara," terangnya.

Baca Juga: 26 PNS Buton Selatan Terima Satyalancana Karya Satya

Pada kegiatan FLS2N, Kolaka Utara mengutus lima perwakilan cabang lomba, terdiri atas dua perwakilan FLS2N jenjang SD yaitu cabang seni Pantomim dari SDN 9 Kodeoha dan cabang seni kriya anyam dari SDN 4 Lasusua.

Serta tiga perwakilan cabang lomba dari FLS2N jenjang SMP pada cabang seni pantomim, ansambel, dan seni tari kreasi yang keseluruhan peserta dari SMPN 13 Kolaka Utara.

"Perjuangan anak-anak Kolaka Utara sampai ke tingkat nasional bukanlah hal mudah. Mereka harus melewati beberapa tahapan seleksi," kata Idrus.

Tahapan seleksi OSN meliputi, seleksi tingkat sekolah. Diikuti 10 orang peserta terbaik di masing-masing satuan pendidikan. Seleksi tingkat kabupaten, peserta jenjang SD menyisihkan 487 peserta terbaik. Sementara, tingkat SMP tereliminasi 187 peserta dari seluruh satuan pendidikan se-Kolaka Utara.

Seleksi level provinsi, tersisih 170 peserta didik jenjang SD dan 255 peserta untuk jenjang SMP mereka adalah perwakilan dari 16 kabupaten/kota yang tersebar di Sulawesi Tenggara.

Kabupaten Kolaka Utara sendiri berhasil mengutus empat perwakilan, disusul Muna tiga perwakilan, Kota Kendari dua perwakilan, Kolaka satu perwakilan, Kolaka Timur satu perwakilan, Buton Selatan satu perwakilan dan Muna Barat satu perwakilan untuk melaju ke tingkat nasional.

"Kabupaten Kolaka Utara terbanyak mengutus perwakilan dalam kegiatan OSN kali ini," terangnya.

Hal serupa dialami peserta kegiatan FLS2N mereka harus berjibaku mengikuti tiga tahapan mulai dari level kecamatan yang digelar Februari lalu secara luring dan diikuti satuan pendidikan lingkup kecamatan.

Selanjutnya, seleksi tingkat kabupaten pun secara luring diikuti perwakilan tiap-tiap kecamatan se-Kabupaten Kolaka Utara. Berikutnya, seleksi tingkat provinsi digelar pada Juli 2024, dikuti 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara.

Tahun ini, hasil seleksi tingkat provinsi Kolaka Utara berhasil meraih juara dua untuk cabang lomba pantomim dan lomba kriya anyam pada jenjang SD. Sementara tingkat SMP utusan Kolaka Utara berhasil meraih juara satu lomba pantomim, juara satu lomba musik ansambel dan juara dua seni tari tradisional.

Baca Juga: Pelajar SD dan SMP Buton Selatan Terima Bantuan Pendidikan di Hari Kemerdekaan RI

"Dengan demikian pula secara otomatis mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara pada tahun ini untuk berlomba ke tingkat nasional," jelasnya.

Pada level nasional, diikuti seluruh provinsi se-Indonesia plus perwakilan sekolah Indonesia di Luar Negeri. Hasilnya, utusan Kolaka Utara mewakili Sulawesi Tenggara di level nasional belum berhasil mengukir prestasi.

Kendati demikian, kata Idrus, hal ini tidak membuat Ia berkecil hati. Namun, sebaliknya menjadi cambuk untuk lebih baik ke depan.

Sementara itu, Pj Bupati Kolaka Utara memberikan apresiasi atas prestasi para pelajar Kolaka Utara yang berhasil menembus prestasi tingkat nasional.

"Anak-anak ini telah membuktikan kepada kita. Sistem pendidikan, kurikulum, dan mutu pendidikan Kolaka Utara tidak kalah dengan daerah-daerah lain. Mereka telah membuktikan itu," tegas Sukanto.

"Anak-anak kita di Kolaka Utara, di tingkat Sekolah Dasar pun sudah bisa mencapai prestasi tingkat nasional. Karena itu, di malam puncak malam ramah tamah kemerdekaan, kita berikan apresiasi," lanjutnya.

Sukanto turut mengapresiasi kerja keras Dikbud Kolaka Utara yang telah mendampingi para guru dalam mendidik sehingga menghasilkan siswa berprestasi hingga level nasional. (B)

Penulis: Muh Risa H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga