Warga Sawerigadi Muna Barat Keluhkan Infrastruktur Tertinggal, Paslon Darwin-Ali Janji Perbaikan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 16 Oktober 2024
0 dilihat
Warga Sawerigadi Muna Barat Keluhkan Infrastruktur Tertinggal, Paslon Darwin-Ali Janji Perbaikan
Paslon Darwin-Ali saat berkunjung ke Desa Wakoila dan Desa Waukuni di Kecamatan Sawerigadi. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Dalam kunjungannya ke Desa Wakoila dan Desa Waukuni, Kecamatan Sawerigadi, Muna Barat, pasangan calon bupati dan wakil bupati Darwin-Ali menerima berbagai keluhan dari masyarakat terkait infrastruktur yang belum memadai di wilayah tersebut "

MUNA BARAT, TELISIK.ID – Dalam kunjungannya ke Desa Wakoila dan Desa Waukuni, Kecamatan Sawerigadi, Muna Barat, pasangan calon bupati dan wakil bupati Darwin-Ali menerima berbagai keluhan dari masyarakat terkait infrastruktur yang belum memadai di wilayah tersebut.

Dalam kampanye dialogis yang dipantau telisik.id, masyarakat mengungkapkan ketidakpuasan mereka terhadap kondisi jalan usaha tani yang belum memadai.

Terlebih pada musim hujan, jalan tersebut tidak bisa dilalui, sehingga distribusi hasil pertanian dari lahan ke pemukiman terhambat.

Baca Juga: Ribuan Warga Kaledupa Sambut Antusias Paslon Bupati Wakatobi HARUM

Selain itu, warga Desa Waukuni juga mengeluhkan kondisi dermaga yang hingga kini belum mendapatkan perbaikan dari pemerintah daerah.

Dermaga tersebut diharapkan bisa menjadi pusat pelelangan ikan di Kabupaten Muna Barat, namun saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Pengelolaan tambak atau empang di wilayah itu juga terbengkalai.

Salah satu pemuda setempat, Rahmadin, menyoroti pentingnya infrastruktur jalan dan dermaga yang baik untuk mendukung distribusi hasil pertanian dan aktivitas lainnya.

“Kami juga meminta bantuan alat pertanian seperti hand tractor dan jonder,” ungkap Rahmadin, Rabu (16/10/2024).

Masyarakat setempat juga berharap pembangunan pasar sentral segera terealisasi untuk mendorong perekonomian di Muna Barat. Hingga kini, pasar yang ada hanya pasar harian di beberapa wilayah seperti Lawa, Kusambi, dan Sawerigadi. Selain itu, warga juga mendesak agar pembangunan Kompi 725 dapat segera dilakukan.

Menanggapi keluhan tersebut, calon bupati La Ode Darwin berkomitmen untuk mengatasi permasalahan yang disampaikan warga.

Ia menyatakan bahwa Kecamatan Sawerigadi memiliki potensi besar di tiga sektor utama, yaitu pertanian, peternakan, dan perikanan.

Baca Juga: Warga Desa Madampi Muna Barat Harap Darwin-Ali Prioritaskan Pengembangan Wisata

Oleh karena itu, perhatian khusus akan diberikan pada pembangunan infrastruktur yang mendukung sektor-sektor tersebut, termasuk jalan usaha tani, penyediaan pupuk gratis, dan peralatan pertanian.

"Kami akan memperhatikan keluhan masyarakat sehingga pembangunan di Muna Barat dapat merata, terutama di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan. Kami ingin petani di Muna Barat lebih sejahtera, bukan sekadar ikut-ikutan," ujar Darwin.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya akan berupaya membangun pasar sentral dan mempromosikan produk-produk unggulan Muna Barat ke daerah tetangga dan lainnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga