Wisata Batu Buti Baubau Jadi Incaran Turis Domestik dan Mancanegara

Elfinasari

Reporter

Minggu, 22 September 2024  /  10:35 pm

Batu Buti (kanan) dan peserta pelatihan dari Dinas Pariwisata Baubau saat berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Foto: Elfinasari/ Telisik

BAUBAU, TELISIK.ID - Tersembunyi di balik pesona Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, terdapat sebuah permata alam yang siap memukau, yaitu Batu Buti. Batu karang unik ini menjulang di tengah lautan luas dan kini menjadi incaran turis mancanegara.

Batu Buti terletak hanya sepelemparan batu dari Pondok Daeng Lala Fishing, menjadikannya sebagai destinasi yang mudah dijangkau. Pemandangan di sekitar Batu Buti sungguh menakjubkan, dengan air laut yang jernih kebiruan seperti kristal dan terumbu karang yang mempesona.

Tak heran jika banyak wisatawan, baik lokal atau domestik maupun internasional, yang rela menempuh perjalanan jauh untuk menikmati keindahan alamnya.

Baca Juga: Ritual Adat Pasampeano Tambaru: Makna dan Pelaksanaan di Kelurahan Kombeli

Syarah, seorang konten kreator dan pemandu wisata lokal, sering kali mendampingi wisatawan menjelajahi Batu Buti. “Saya sering mengantar para wisatawan, baik lokal maupun luar negeri, ke tempat ini,” ujarnya kepada telisik.id, Minggu (22/9/2024).

Menurut Syarah, perjalanan menuju Batu Buti hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit menggunakan perahu, dengan tarif Rp 100.000 untuk empat orang, dilengkapi dengan pelampung.

“Ini juga memberikan tambahan penghasilan bagi nelayan yang ada di sekitar sini,” tambahnya.

Salah seorang peserta pelatihan pariwisata, Tari, menuturkan bahwa Batu Buti adalah destinasi wisata baru yang belum banyak diketahui, bahkan oleh sebagian warga Baubau.

“Meskipun hanya berupa batu karang kecil yang terpisah dari daratan, keindahan alamnya sungguh luar biasa,” ungkapnya. Ia mengaku baru pertama kali ke tempat ini dan langsung jatuh cinta dengan keindahannya.

Baca Juga: Melihat Tradisi Piharoano Ana-Ana Ngkaelu di Buton Selatan

Air yang jernih dan kaya akan kehidupan laut menjadikan Batu Buti sebagai surga bagi para pencinta snorkeling dan diving.

Pengunjung lain, Habib, juga mengungkapkan kekagumannya. “Tempatnya indah sekali, dan saya bisa melihat ikan di dasar laut. Kalau dibuat story, pasti sangat menarik,” ujarnya.

Habib berharap agar keindahan alam Batu Buti tetap terjaga dan tidak tercemar oleh sampah atau kerusakan akibat ulah manusia. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS