6 Orang Perempuan di Manggarai Terpilih Jadi Panwascam Pemilu 2024

Berto Davids, telisik indonesia
Rabu, 26 Oktober 2022
0 dilihat
6 Orang Perempuan di Manggarai Terpilih Jadi Panwascam Pemilu 2024
Pelaksanaan tes tertulis calon panwascam di Kabupaten Manggarai. Foto: Ist.

" Masing-masing kecamatan terdiri dari 3 orang Komisioner Panwascam, yakni 1 orang sebagai ketua dan 2 orang lainnya membidangi divisi "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, telah meluluskan sedikitnya 36 orang menjadi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024.

36 orang yang terpilih menjadi Panwascam itu akan bertugas pada masing-masing wilayah kecamatan yang sudah ditentukan.

Masing-masing kecamatan terdiri dari 3 orang Komisioner Panwascam, yakni 1 orang sebagai ketua dan 2 orang lainnya membidangi divisi.

Dari 36 orang yang sudah terpilih, sedikitnya ada 6 orang perempuan yang ikut terpilih mengawasi tahapan pesta demokrasi itu.

Mereka masing-masing, Maria Stephani Sonya Berahi selaku Panwascam Langke Rembong, Yulita Meilinda Kurnia selaku Panwascam Lelak, Yohana Maria Jemumut selaku Panwascam Rahong Utara, Silviana Mulyani selaku Panwascam Ruteng, Yasinta Rina selaku Panwascam Satarmese dan Yuliana Gamun selaku Panwascam Wae Ri'i.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pemkab Muna Barat Bakal Bantu Pengusaha Ayam Petelur

Ketua Bawaslu Manggarai, Marcelina Lorensia mengatakan, nama-nama anggota Panwascam yang terpilih itu sudah melewati beberapa proses tahapan seleksi, mulai dari penerimaan berkas pendaftaran, tanggapan masyarakat terhadap calon anggota Panwascam, pelaksanaan tes tertulis hingga test wawancara.

"Setelah Bawaslu Manggarai melewati semua tahapan itu dan melakukan rapat pleno, maka hari ini tim pokja langsung menetapkan 36 nama-nama terpilih. 30 orang laki-laki dan 6 orang perempuan," kata Marcelina.

Sebelumnya, mantan Dosen Unika St. Paulus Ruteng itu mengatakan bahwa pihaknya akan mengakomodir keterlibatan perempuan sedikitnya 30 persen untuk menjadi anggota panwascam.

Tak sedikit dari kaum perempuan ikut mendaftar di Bawaslu Manggarai. Hingga saat ini pihaknya meluluskan 6 orang keterwakilan perempuan untuk menjadi pengawal demokrasi pada Pemilu 2024 itu.

Baca Juga: Kerap Disorot Warga, 3 Pos Damkar Segera Dibangun di Muna Barat

Sementara itu Sekretaris Pokja Bawaslu Manggarai, Yulianus Suwardi mengatakan, pihaknya mewajibkan 36 orang panwascam terpilih untuk membawa surat keterangan sehat rohani dan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah ke Bawaslu Manggarai pada saat dilantik.

Sedangkan untuk pelantikan panwascam harus menggunakan pakaian adat daerah Manggarai. Untuk laki-laki: baju putih, kain songke, sapu Manggarai, dan sepatu. Untuk perempuan kebaya putih, kain songke, retu, dan sepatu.

Jadwal pelantikan dan bimbingan teknis, kata Yulianus, akan digelar Kamis-Sabtu (27- 29 Oktober 2022) mulai pukul 13.00 Wita dan jadwal lengkapnya akan disampaikan kemudian. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga