DLHK Kendari Ungkap Alasan Bak Sampah Bakal Ditiadakan Akhir 2021

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 06 Mei 2021
0 dilihat
DLHK Kendari Ungkap Alasan Bak Sampah Bakal Ditiadakan Akhir 2021
Sampah berserakan di salah satu bak sampah yang ada di Kota Kendari. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Setelah bak sampah kita hilangkan, maka sampah warga akan dijemput ke rumah masing-masing oleh petugas kebersihan nantinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari berencana akan meniadakan bak sampah di kompleks perumahan warga pada akhir 2021 mendatang.

Sejauh ini, Pemkot Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Lingkungan (DLHK) telah melakukan sosialisasi rencana meniadakan bak sampah tersebut di berbagai kelurahan.

Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengatakan, rencana menghilangkan bak sampah atau TPS ini bukan tanpa alasan, namun agar Kota Kendari tidak terlihat kumuh.

Dimana, kata dia, menghilangkan bak sampah bukan dilakukan begitu saja, tapi juga telah disiapkan solusi sebagai pengganti bak sampah yang jauh lebih baik untuk menjaga kota agar tidak terlihat kumuh.

Sebab, jika bak sampah dihilangkan begitu saja tanpa diberikan solusi, tentu akan menimbulkan masalah baru di tengah masyarakat.

"Setelah bak sampah kita hilangkan, maka sampah warga akan dijemput ke rumah masing-masing oleh petugas kebersihan nantinya," katanya kepada Telisik.id, Rabu (5/5/2021).

Hal tersebut dilakukan, lanjut mantan Kepala Dinas Pangan Kota Kendari, karena selama ini kebanyakan warga membuang sampah di bak sampah tidak sesuai jadwal yang diberlakukan.

Baca Juga: 105 Personel Polres Muna Dikerahkan Pengamanan Kemanusiaan

"Selama ini bak sampah kita lihat justru membuat kumuh kota, karena dalam aturannya itu masyarakat harusnya membuang sampah dari jam 6 sore sampai subuh, tapi ini kebanyakan tidak dipatuhi," imbuhnya.

"Biasanya warga membuang sampah pagi hari saat mereka berangkat bekerja. Nah, kalau sudah pagi otomatis mobil petugas pengangkut sampah sudah lewat, jadinya bak sampah yang sudah diangkut sampahnya jadi kotor lagi selama seharian itu," sambungnya.

Apalagi, ia melanjutkan, banyak binatang seperti anjing dan kambing yang mencari makan di bak sampah.

"Untuk dipinggiran kota, masih ada binatang seperti anjing dan kambing yang biasa menghambur bak sampah itu, bahkan sampah biasa dia bawa keluar. Setelah mereka makan yang dibutuhkan, binatang itu otomatis tinggalkan sampah terhambur begitu saja. Jdi itu tidak bagus dilihat," tambahnya.

Baca Juga: Salat Ied di Konawe Hanya Boleh Dilakukan di Masjid

Olehnya itu, menjelang akhir tahun 2021 ini DLHK terus melakukan sosialisasi bahwa sampah warga nantinya akan diambil dari rumah ke rumah.

Nantinya, untuk menjalankan program tersebut akan bekerjasama dengan pihak kelurahan yang bakal membentuk komunitas peduli lingkungan di lingkungan masing-masing.

"Harapannya tdk ada lagi sampah yang tercecer," harapnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga