Ini Alasan Ketua PBNU Said Aqil Siradj Jadi Komisaris Utama PT KAI

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 04 Maret 2021
0 dilihat
Ini Alasan Ketua PBNU Said Aqil Siradj Jadi Komisaris Utama PT KAI
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj. Foto: Repro Bisnis.com

" Jadi kan KH Said Aqil itu kan juga adalah Komisaris Utama Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia atau Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX), jadi beliau sudah punya pengalaman yang banyak mengenai pengelolaan bisnis. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pengangkatan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj, sebagai Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menarik perhatian publik.

Menanggapi hal tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan alasannya hingga mengangkat Said Aqil Siradj sebagai Komisaris Utama PT KAI.

Lewat Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, ditunjuknya Said Aqil karena memiliki pengalaman dalam pengelolaan bisnis.

Apalagi, Said Aqil juga sempat menjadi komisaris dalam perusahaan komiditi berjangka.

"Jadi kan KH Said Aqil itu kan juga adalah Komisaris Utama Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia atau Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX), jadi beliau sudah punya pengalaman yang banyak mengenai pengelolaan bisnis," ujar Arya dilansir Suara.com jaringan Telisik.id, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Buruan, Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Ini, Berikut Syarat dan Tahapannya

Selain itu, Arya melanjutkan, Said Aqil juga dinilai paham dengan pasar dari KAI. Sehingga, pemahaman dan pengalaman itu yang membuar Menteri Erick kepincut dengan Said Aqil.

Arya menambahkan, Menteri Erick juga membutuhkan tokoh umat yang bisa membangun suasana dan akhlak yang baik bagi para direksi maupun pegawai.

"Jadi kan beliau bisa membangun nilai-nilai kebangsaan di BUMN karena beliau seorang ulama besar juga," ucap dia.

Untuk diketahui, penunjukan Said Aqil Siradj berdasarkan pada Salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-64/MBU/03/2021 tanggal 3 Maret 2021.

Dalam surat itu, Kementerian BUMN mengangkat Said Aqil Siradj sebagai Komisaris Utama merangkap sebagai Komisaris Independen KAI, Riza Primadi sebagai Komisaris Independen KAI, Rochadi sebagai Komisaris Independen KAI, Diah Natalisa sebagai Komisaris KAI, dan Chairul Anwar sebagai Komisaris KAI.

Adapun berikut sususan Dewan Komisaris KAI yang baru:

- Prof Dr KH Said Aqil Siradj (Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen)

- Riza Primadi (Komisaris Independen)

- Rochadi (Komisaris Independen)

- Diah Nataliza (Komisaris)

- Chairul Anwar (Komisaris)

- Pungky Sumadi (Komisaris)

- Criss Kuntadi (Komisaris)

- Freddy Haris (Komisaris). (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga