Ini Kata Pegiat TB Kendari Soal Indonesia Peringkat Dua Kasus TBC di Dunia

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 10 Januari 2023
0 dilihat
Ini Kata Pegiat TB Kendari Soal Indonesia Peringkat Dua Kasus TBC di Dunia
Kondisi Kantor SR STPI Sulawei Tenggara yang menampilkan Banner pencegahan TBC Foto: Ahmad Badaruddin/ Telisik

" Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh World Health Organization berjudul ‘Global Tuberculosis Report’, di akhir tahun 2022 lalu, Indonesia tercatat telah naik ke peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India "

KENDARI, TELISIK.ID - Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh World Health Organization berjudul ‘Global Tuberculosis Report’, di akhir tahun 2022 lalu, Indonesia tercatat telah naik ke peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India.

Menanggapi hal tersebut, pegiat TB Kota Kendari mempertegas, cara terbaik untuk mencegah penyakit TB dengan meningkatkan investigasi kontak dan edukasi terkait TBC.

"Agar para pengidap TB ini tidak menularkan kepada orang terdekatnya," ungkap Koordinator Program STPI (Stop TB Partnership Indonesia) Kota Kendari, Herlina, Selasa (10/1/2022).

Baca Juga: Vaksin dan Masker Tetap Berlaku Meski PPKM Dicabut

Baca Juga: Panitia Penjaringan Beberkan Syarat Jadi Rektor IAIN Kendari

Lebih lanjut, Herlina menambahkan pada rekapan Desember 2022 STPI Kota Kendari mencatat sebanyak 28 kasus baru untuk pasien TB.

"Rekapan itu berdasarkan investigasi kontak," bebernya

SR Manager STPI Sulawesi Tenggara, Nirmawati menerangkan, STPI sendiri merupakan sebuah komunitas yang bergerak dalam penemuan, pencegahan dan edukasi terkait TBC yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kami sudah berdiri selama 2 tahun, dan sejauh ini sudah ada 2 kantor cabang kami, di Kota Kendari dan di Kabupaten Muna," ungkap Nirmawati. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga