LKPD Sultra Sambut Baik Penunjukan Listyo Sigit Prabowo Sebagai Calon Kapolri

Siswanto Azis, telisik indonesia
Minggu, 17 Januari 2021
0 dilihat
LKPD Sultra Sambut Baik Penunjukan Listyo Sigit Prabowo Sebagai Calon Kapolri
Direktur Hukum dan Pengembangan LKPD Sultra, Muhammad Amsar. Foto: Ist.

" Sekali lagi, kapasitas, profesionalitas, dan integritas Polri adalah parameter kunci kepemimpinan Polri. Hal seperti itu juga sesuai ajaran agama. "

KENDARI, TELISIK. ID - Lembaga Kajian Pembagunan Daerah dan Demokrasi (LKPD) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyambut baik penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Hal tesebut di sampaikan Direktur Hukum dan pengembangan LKPD Sultra, Muhammad Amsar. Menurutnya, Komjen Pol Listyo adalah calon yang tepat karena memiliki prestasi dan track record yang sangat baik.

“Siapapun calon Kapolri pilihan presiden harus dihormati. Bagaimanapun, presiden memiliki kekuasaan langsung yang diberikan oleh konstitusi untuk memutuskan calon pengganti Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun pada akhir Januari," Muhammad Amsar.

Ia yakin, siapapun nama calon kapolri yang disodorkan presiden ke DPR adalah putra terbaik Korps Bhayangkara.

Kepada pejabat baru yang akan segera disahkan DPR nanti, dia mengingatkan bahwa tugas dan fungsi Kepolisian Indonesia adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat, tanpa pandang bulu.

Dalam penegakan hukum misalnya, lanjut dia, hukum tidak boleh tumpul ke atas dan tajam ke bawah, atau terjadi semacam politik belah bambu, satu dipijak dan yang lain dijunjung.

Oleh karena itu, kata dia, kapasitas, profesionalitas, dan integritas sangat dibutuhkan untuk mengemban tugas mulia itu yakni menjadi pucuk pimpinan di jajaran Korp Bhayangkara

Atas dasar itu semua, Mantan Pengurus PB HMI ini mengungkapkan, penunjukan nama Listyo Prabowo yang secara resmi telah diajukan presiden ke DPR patut sebagai calon Mapolri didukung dan disambut baik.

Baca juga: Waspada Gelombang Tinggi di Sultra Capai 2,5 Meter

"Sekali lagi, kapasitas, profesionalitas, dan integritas Polri adalah parameter kunci kepemimpinan Polri. Hal seperti itu juga sesuai ajaran agama," kata Amsar.

Di mata Amsar. Listyo merupakan sosok yang memiliki hubungan baik dengan berbagai kalangan. Jenderal bintang tiga itu dekat dengan semua golongan tanpa membeda-bedakan.

"Selamat buat Jenderal Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri," katanya

Lebih lanjut, Muh Amsar mengatakan, Komjen Listyo Sigit Prabowo adalah orang yang baik dan bisa merangkul semua agama, kalangan dan golongan

“Saya yakin dan percaya beliau adalah Kapolri semua golongan dan agama," ujar Amsar

Selain itu, ia menerangkan, Komjen Listyo Sigit Prabowo dikenal sebagai anggota Korps Bhayangkara yang kerap bersilaturrahmi dengan semua kalangan masyarakat. Selama menjabat sebagai Direktur Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara misalnya, kedekatan ini sangat dirasakan oleh jajaran pemuda dan mahasiswa di Sultra.

“Komjen Listyo Sigit Prabowo dengan pemuda dan mahasiswa ini tidak dapat dilepaskan dari pengalaman sebelumnya dalam bertugas di daerah-daerah lain, seperti Pati dan Solo,” jelas Amsar.

Untuk itu, Amsar menilai bahwa pengajuan ini akan membawa angin segar bagi integrasi bangsa dan kolaborasi antar elemen yang memang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga