Sebelum Meninggal, Wali Kota Bandung Kecam Kasus Pencabulan Santriwati

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 11 Desember 2021
0 dilihat
Sebelum Meninggal, Wali Kota Bandung Kecam Kasus Pencabulan Santriwati
Wali Kota Bandung, Oded M Danial. Foto: Repro independenmedia.com

" Sebelum Meninggal dunia, Wali Kota Bandung Oded M Danial Oded mengecam perilaku oknum guru yang mencabuli santriwati "

BANDUNG, TELISIK.ID - Meninggalnya Wali Kota Bandung Oded M Danial pada Jumat (10/12/2021), menjadi perhatian publik. Pasalnya tidak ada yang menduga, bahkan ia meninggal saat melakukan Salat Jumat.

Oded M Danial sebelum meninggal dunia, mengutuk keras kasus pencabulan yang dilakukan oleh oknum guru terhadap belasan santriwati di sebuah pesantren di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Terus terang, kejadian ini sangat mencoreng nama Kota Bandung yang sedang berusaha mewujudkan Bandung unggul nyaman sejahtera dan agamis. Apa yang dilakukan pelaku sangat jauh dari kata agamis," ujarnya, dikutip dari Ayobandung, Sabtu (11/12/2021).

Oded mengungkapkan, perilaku terdakwa sangat tidak layak untuk ditiru. Baginya, guru agama seharusnya memberikan contoh teladan bagi siswanya.

"Tak hanya itu, guru agama juga harus bertugas menjaga moral bukan malah merusaknya," tegas Oded.

Atas kasus ini, Oded mengaku telah memerintahkan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) untuk menjangkau para santriwati yang menjadi korban.

Hal tersebut dilakukan agar bisa berkoordinasi dengan pemerintah daerah asal para santriwati.

"Para santriwati diupayakan untuk tetap melanjutkan pendidikannya. Apakah di tempat yang lama atau di pesantren lain? Kita upayakan agar para santriwati tidak trauma," tuturnya.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Meninggal Dunia Saat Salat Jumat, Ini Profilnya

Tak hanya itu, Oded juga akan meminta Kementerian Agama (Kemenag) yang menaungi pendidikan di pesantren untuk turun tangan.

Kemenag perlu memberikan pengawasan lebih lanjut agar peristiwa serupa tidak terulang.

"Saya sempat syok mendengar kabar itu. Semoga majelis hakim bisa memberikan putusan yang memberi rasa keadlian bagi para korban pemerkosaan dan keluarga," jelas Oded.

Baca Juga: Polrestabes Surabaya Pastikan Tak Keluarkan Izin Keramaian Malam Pergantian Tahun

Mengutip Suara.com, Wali Kota Bandung Oded M Danial sebelum meninggal dunia, dikabarkan tak sadarkan diri di Masjid Mujahidin, Jalan Sancang No.6, Burangrang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jumat, 10 Desember 2021. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga