adplus-dvertising

Sejumlah Daerah di Sulawesi Tenggara Bakal Diguyur Hujan Malam Ini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 31 Desember 2022
0 dilihat
Sejumlah Daerah di Sulawesi Tenggara Bakal Diguyur Hujan Malam Ini
BMKG memprediksi cuaca di Sulawesi Tenggara pada malam pergantian tahun 2022 ke 2023. Foto: Antara

" Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di Sulawesi Tenggara pada malam pergantian tahun 2022 ke 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di Sulawesi Tenggara pada malam pergantian tahun 2022 ke 2023.

Pada akhir Desember 2022, secara umum wilayah Sulawesi Tenggara mengalami curah hujan kategori Rendah (0-50 mm/dasarian) hingga Menengah (51-150 mm/dasarian).

Sementara itu, terdapat wilayah dengan kategori curah hujan Tinggi (151-300 mm/dasarian) yaitu sebagian wilayah Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Buton Selatan, Buton, Buton Tengah dan Kota Baubau.

Baca Juga: Tindak Kriminal di Kota Baubau Meningkat Tahun 2022

Baca Juga: Ratusan Pekerja PLN di Sulawesi Tenggara Kecewa Diputus Kontrak Tiba-Tiba

"Seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara diharapkan terus waspada terhadap berbagai dampak perubahan iklim di sekitar kita," kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Konawe Selatan, Ana Ifadatun Nisa, Sabtu (31/12/2022).

Sementara itu, Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie mengatakan, BMKG melihat terdapat anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sulawesi Tenggara yang dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air).

Kemudian, massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas kuat skala lokal juga terpantau masih terkonsentrasi di wilayah Sulawesi Tenggara.

"Hal-hal tersebut dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Sulawesi Tenggara," katanya. (B)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga