adplus-dvertising

Ternyata Indonesia Pemegang Skor Terbanyak Piala AFF, Bantai Filipina 13-1

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 26 Desember 2021
972 dilihat
Ternyata Indonesia Pemegang Skor Terbanyak Piala AFF, Bantai Filipina 13-1
Pertandingan Filipina vs Indonesia 2002 dengan skor 13-1. Foto: Repro Footbalstar.com

" Ternyata Indonesia merupakan negara pemegang skor terbanyak sepanjang bergulirnya Piala AFF "

KENDARI, TELISIK.ID - Timnas Indonesia memastikan diri kembali lolos di Piala AFF 2020 setelah mengandaskan Singapura lewat pertandingan penuh ketegangan.

Namun di balik itu semua, ternyata Indonesia merupakan negara pemegang skor terbanyak sepanjang bergulirnya Piala AFF.

Dikutip Telisik.id dari akun TikTok @olahbola.com, Indonesia pernah menghajar Fhilipina 13-1 di ajang piala Tiger (Piala AFF) tahun 2002. Indonesia saat itu masih di bawah asuhan pelatih Ivan Colep.


Momen itu terjadi pada 23 Desember 2002 saat itu indonesia membutuhkan kemenangan dengan margin 3 gol untuk lolos ke semifinal.

"Filipina saat ini masih menjadi tim yang tidak diperhitungkan dan malam itu menjadi sejarah untuk Indonesia," dikutip @olahbola.com.

Pertandingan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta tersebut dikenang sebagai pertandingan yang bersejarah bagi rakyat Indonesia.

Baca Juga: Malam Ini Penentu Lawan Indonesia di Final Piala AFF 2020, Vietnam atau Thailand?

Dilansir dari detik.com, putaran final Piala AFF 2002 diselenggarakan di dua negara. Indonesia dan Singapura yang menjadi tuan rumahnya pada 15-29 Desember.

Di babak penyisihan grup, Indonesia berada di Grup A. Tim Garuda bersaing dengan Vietnam, Myanmar, Kamboja dan Filipina.

Indonesia vs Filipina menjadi laga terakhir di babak penyisihan Grup A. Laga tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 23 Desember 2002 pukul 18.35 WIB.

Baca Juga: Sosok Nadeo Argawinata, Kiper Timnas Indonesia yang Gagalkan Penalti Singapura di Semifinal AFF 2020

Dalam laga tersebut, Skuad Garuda meraih kemenangan besar dengan skor 13-1. Bambang Pamungkas dan Zaenal Arief sama-sama mencetak 4 gol ke gawang Filipina.

Budi Sudarsono dan Imran menyumbang satu gol. Sugiantoro mencetak dua gol. Satu gol terakhir merupakan gol bunuh diri pemain Filipina, Solomon Licuanan.

Itu menjadi kemenangan terbesar Timnas Indonesia hingga saat ini. Sementara gol semata wayang Filipina dalam laga tersebut dicetak oleh Ali Go.

Di Piala AFF 2002, Bambang Pamungkas cs sampai final. Namun di laga pamungkas, Tim Garuda ditumbangkan Thailand melalui drama adu penalti. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga