3 Formasi CPNS 2019 di Lingkup Pemprov Sultra Tidak Terisi

Ibnu Sina Ali Hakim

Reporter

Kamis, 05 November 2020  /  8:24 pm

Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS. Foto: Repro Kompas.com

KENDARI, TELISIK.ID - Ada 3 (tiga) formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra Tahun 2019 yang tidak terisi.

Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKD Sultra, Kadir mengatakan, dari 62 kuota CPNS 2019 lalu setidaknya ada 3 formasi kosong, masing-masing formasi dokter gigi, D3 pertanian dan D3 perekam medik.

“Dari tiga formasi kosong yang ada, tidak ada satupun yang memenuhi kategori untuk mengisi jabatan itu,” ungkapnya, Kamis (5/11/2020).

Ia juga telah berkomunikasi saat rapat di Jakarta terkait hal itu, bahwa dokter gigi formasinya diisi oleh dokter umum atau formasi lain yang masih terkait bidang kesehatan, sebagimana telah terjadi sejak dulu sebab yang penting masih satu rumpun terkait bidang kesehatan.

Hanya saja, formasi tersebut saat ini diharuskan dari dokter gigi dan begitu pula 2 formasi lainnya yang memang harus sesuai bidangnya.

Baca juga: Penyebrangan Amolengo-Pure Segera Dialihkan Kembali Jadi Amolengo-Labuan

Dalam pengumuman itu banyak formasi yang tak terisi. Sebab, walaupun dapat diisi oleh formasi lain secara menyilang, tetapi harus benar-benar dari keilmuwan yang sinkron dengan formasi yang dibutuhkan.

Sebelumnya, Kedeputian Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis, per 31 Oktober 2020, sebanyak 138.791 peserta dinyatakan lulus (pascaoptimalisasi) sebagai CPNS.

Jumlah tersebut untuk mengisi total 150.371 formasi yang dibuka pada seleksi CPNS 2019.

Secara nasional terdapat 11.580 formasi kosong, dengan rincian 4.729 berada di 32 kementerian dan 33 lembaga pemerintah non-kementerian (LPNK)/lembaga non-struktural (LNS), dan 6.851 berada di 456 instansi daerah. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TOPICS