4 Hal Sepele Ini Bisa Hilangkan Kebahagiaan Kamu

Fitrah Nugraha

Reporter

Kamis, 03 November 2022  /  7:48 pm

Kebahagiaan hidup harus diusahakan, namun juga harus menghindari hal yang bisa membuat kebahagiaan itu hilang dari diri kita. Foto: Repro google.com

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan hidup. Namun hal ini harus diusahakan, sebab kebahagiaan tidak datang dengan sendirinya.

Dikutip dari wikipedia.com, kebahagiaan atau kegembiraan merupakan suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan atau kegembiraan yang intens.

Bersyukur dan Berbuat Ikhlas adalah salah satu cara agar hidup akan terasa lebih tenang dan bahagia. Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya.

Kendati demikian, ternyata ada beberapa hal yang bisa membuat kebahagiaan itu hilang dalam hidup kita.

Baca Juga: Deretan Artis India yang Cantik Tapi Kasar, Nomor 3 Bikin Kaget

Melansir yoursay.id, berikut empat hal sepele yang bisa menghilangkan kebahagiaan seseorang:

1. Gampang Emosi

Ketika dalam menghadapi sesuatu apapun kamu gampang emosi, maka hal tersebut bisa menghilangkan kebahagiaanmu. Kamu tidak bisa menikmati hal yang ada di depanmu.

Suasana hati kamu pun akan selalu buruk. Dengan begitu, kamu juga akan mudah marah. Oleh karena itu, daripada kamu gampang emosi, lebih baik kamu selalu ramah. Dengan begitu, kebahagiaan akan selalu mewarnai hidupmu.

2. Tidak Pernah Tulus

Tidak bisa dipungkiri, ketika kamu tidak pernah tulus, entah itu untuk diri sendiri atau saat menolong orang lain. Tentu saja hal ini bisa menghilangkan kebahagiaanmu.

Dalam menjalani hal kamu selalu merasa tidak ikhlas. Dengan demikian, hati kamu akan selalu merasa berat. Oleh karena itu, agar kamu tetap bahagia. Dalam melakukan sesuatu apa pun, usahakan kamu selalu tulus.

3. Tidak Bisa Menghargai Waktu

Kamu selalu menuntut diri sendiri untuk segera sukses. Hal ini membuat kamu tidak bisa menikmati sebuah proses.

Baca Juga: Benarkah Saat Tidur Manusia Tak Bisa Bersin? Ini Penjelasannya

Bukan hanya itu, hal ini juga akan membuat kamu tidak bisa menghargai waktu. Kamu selalu memikirkan sesuatu yang belum terjadi, daripada menikmati waktu saat ini. Hal tersebut bisa menghilangkan kebahagiaanmu.

4. Terlalu Perfeksionis

Ketika kamu selalu menuntut diri sendiri untuk selalu sempurna, tentu saja hal ini bisa menghilangkan kebahagiaanmu. Kamu tidak bisa menerima diri sendiri ketika melakukan sebuah kesalahan.

Batin dan pikiran kamu sering merasa tertekan. Oleh karena itu, berhentilah untuk terlalu perfeksionis. Sebab, melakukan kesalahan dalam menjalan hidup adalah hal yang cukup lumrah.

Nah, itulah beberapa hal sepele yang bisa menghilangkan kebahagiaanmu. Oleh karena itu, segeralah berhenti melakukan hal sepele tersebut agar hidup bisa lebih tenang. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin