4 Tips Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Fitrah Nugraha

Reporter

Jumat, 09 Desember 2022  /  4:59 pm

Penting orang tua untuk membuat anak agar punya kepercayaan diri. Foto: Repro klikdokter.com

KENDARI, TELISIK.ID - Orang tua tidak hanya memastikan anak bisa memiliki badan sehat, tapi juga harus membuat buah hati punya percaya diri.

Dikutip dari parenting.co.id, percaya diri pada umumnya bukan yang berlebihan, namun anak menjadi dirinya sendiri, berani mengungkapkan pendapat dan teguh pada pendiriannya, serta tidak merasa minder atas dirinya.

Maka wajar saja setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi anak percaya diri. Olehnya itu penting orang tua untuk membuat anak agar punya kepercayaan diri.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membuat anak menjadi percaya diri:

Baca Juga: 8 Tips Sehat Jika Terpaksa Begadang, Wajib Dicoba

1. Menunjukkan antusiasme kepada anak

Anak seringkali menghadapi banyak hal. Sebagai orang tua, kita hendaknya bisa selalu antusias terhadap apa yang dialami atau dilakukan oleh sang anak. Misalnya ketika anak bercerita mengenai kesehariannya di sekolah, maka kita harus mendengarkan dengan antusias.

Atau ketika anak menunjukkan hasil latihannya, maka kita harus antusias melihatnya. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai sekaligus meningkatkan kepercayaan dirinya.

2. Memberikan motivasi

Untuk memerlukan kepercayaan diri membutuhkan motivasi yang kuat. Bagi anak, pihak yang paling penting untuk memberi motivasi adalah orang tuanya sendiri. Orang tua harus memberi keyakinan kepada anak bahwa dia mampu melakukan apa yang dia inginkan.

Jika orang tua sudah meyakinkan, maka setidaknya anak tidak akan merasa sendirian. Dengan begitu maka kemungkinan anak akan merasa percaya diri.

3. Yakinkan bahwa kita berada di sisinya

Anak memang pada dasarnya masih sensitif bahkan cukup rapuh. Oleh sebab itu pendampingan dari orang tuanya sangat diperlukan dalam proses tumbuh kembangnya.

Jika anak merasa sendirian, maka dia akan merasa lemah dan akhirnya minder atau tidak percaya diri. Sebaliknya, jika anak yakin bahwa ada orang tuanya yang selalu berada di sampingnya, maka dia akan merasa lebih kuat dan percaya diri.

4. Memberikan komentar yang baik

Dalam hidup kita tidak selalu mendapat hal yang positif. Kita yang dewasa saja tidak bisa sepenuhnya menghindari kegagalan. Apalagi seorang anak, wajar jika dia tidak mendapat hasil yang maksimal. 

Baca Juga: 3 Tips Jitu Terhindar dari Sengketa Tanah, Wajib Tahu

Sebagai orang tua, apapun hasil yang didapat oleh anak, maka kita harus selalu memberikan komentar yang baik. Jangan merendahkan apalagi menyalahkan sang anak.

Tindakan merendahkan dan menyalahkan hanya akan menurunkan kepercayaan diri anak yang nantinya justru bisa menurunkan prestasi anak itu sendiri.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS