Adaptasi Era Didital, Guru Madrasah Konawe Dapat Pelatihan TIK

Aris Syam

Reporter

Minggu, 13 Maret 2022  /  5:23 pm

Kadis Kominfo Konawe, Muh. Akib Ras, dalam kegiatan pelatihan DEA. Foto: Ist

KONAWE,TELISIK.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Konawe akan menggelar program Thematic Academy (TA) dengan pelatihan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIK) yang diselenggarakan mulai 15-19 Maret 2022.

Kadis Kominfo Konawe, Muh Akib Ras mengatakan, dalam kegiatan pihaknya akan bekerjasama dengan Kemenag Konawe untuk memberikan pelatihan kepada para guru dan pendidik madrasah serta pengelola pesantren se-Konawe.

Menurutnya, hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di sekolah madrasah, dalam  penguatan literasi digital dan peningkatan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.

"Ini masih bagian program dari Kominfo RI, sehingga kami gelar pelatihan ini, agar para guru madrasah ini bisa lebih cakap dalam era digital saat ini," katanya, Minggu (13/3/2022).

Akib menambahkan, jika pelatihan ini sangat penting, sebagai penguatan literasi digital bagi guru madrasah untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman di era revolusi industri 4.0.

"Saya harapan para guru madrasah ini betul- betul mengikuti pelatihan ini, agar mereka mampu bekerja sesuai dengan lingkungan yang serba digital dan menguasai TIK," harapannya.

Baca Juga: Korban Terseret Arus di Baubau Dimakamkan

Sementara itu, Koordinator Pengembangan SDM BBPSDMP Kominfo Makassar/PIC DTS Konawe, Mukhlis Amin menjelaskan, program Thematic Academy (TA) ini bertujuan untuk menciptakan kerja terampil di bidang Telnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan daya saing bangsa di era 4.0.

"Kominfo sudah melibatkan banyak mitra, salah satunya komunitas kalangan pondok pesantren pendidikan keagamaan Islam, guru dan tenaga kepemdidikan madrasah," ucap Muhlis.

Kemudian dalam kegiatan pelatihan TIK kepada guru madrasah, pihaknya akan melibatkan para pemateri dari Kementerian Kominfo yang sudah ditraining.

Seperti biasanya, bagi para peserta pelatihan tak hanya dibekali ilmu, namun juga akan mendapatkan merchandise dan sertifikat pelatihan.

Baca Juga: Sopir Truk di Jatim Keberatan Aturan ODOL, Gubernur Khofifah Surati Menhub

"Kita berikan masih sama seperti kegiatan diklat lainnya," ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Harian Kemenag Konawe, Hasrun Taleo sangat berterimakasih kepada pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe untuk menggelar pelatihan TIK dari program Kominfo RI.

Ia menambahkan, untuk saat ini sekolah madrasah di Konawe sebanyak 50 sekolah, yang terdiri dari Madrasah Ibtidaiah (MI) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Sehingga antusias dari para guru tersebut mengikuti pelatihan ini akan tingggi.

"Pelatihan ini sangat bagus untuk para guru khsusus disekolah madrasah, agar mereka lebih maju lagi dibidang TIK," kata Hasrun. (A)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin