Andriani Tenri, Lulusan Terbaik IAIN Kendari: Anak Kuli Bangunan dan Kini Studi S2

Erni Yanti

Reporter

Kamis, 17 Oktober 2024  /  8:39 pm

Andriani Tenri mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menjadi lulusan terbaik, dengan IPK 3,95 dan lama studi 3 tahun 6 bulan . Foto: Ist

KENDARI, TELISIK.ID - Andriani Tenri (22), mahasiswa angkatan 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, berhasil meraih predikat sebagai lulusan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,95 dan lama studi 3 tahun 6 bulan.

Andriani, yang merupakan anak ketiga dari lima bersaudara, lahir dari pasangan Abidin, seorang kuli bangunan, dan Napia, ibu rumah tangga.

Selama kuliah, ia mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP), yang sangat membantu meringankan beban biaya pendidikan orang tuanya. Ia berasal dari Unaaha, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: 16 Mahasiswa FPIK UM Kendari Lolos Seleksi Program Internship Budidaya Hotate di Hokkaido Jepang

Dalam wawancara, Andriani mengungkapkan ketidakpercayaannya atas pencapaiannya sebagai lulusan terbaik. Ia mengucapkan terima kasih kepada dosen dan pembimbing yang telah membantunya selama masa studi.

“Saya sangat berterima kasih atas dedikasi dosen-dosen yang membimbing saya,” tuturnya, Kamis (16/10/2024).

Selain aktif di perkuliahan, Andriani juga terlibat dalam berbagai organisasi kemahasiswaan, seperti UMKM Pers, Kelompok Studi Ekonomi Islam (KESI), Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMa), dan Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muslim.

Meski sibuk berorganisasi, ia tetap mengutamakan kuliah. “Tujuan saya datang ke Kendari ini untuk kuliah, jadi saya atur waktu dan utamakan kuliah,” jelasnya.

Prestasi yang diraih Andriani juga mencakup juara 2 dalam lomba pembuatan produk se-Kota Kendari dan juara harapan 2 dalam karya tulis Ekonomi Islam tingkat nasional tahun 2022. Saat ini ia melanjutkan studi magister atau S2 di UIN Alauddin Makassar di bidang Ekonomi Syariah dengan biaya mandiri.

Wisuda XIII IAIN Kendari, yang diadakan di Ballroom Multimedia pada 16-17 Oktober 2024, diikuti oleh 1.001 wisudawan, terdiri dari 934 program sarjana dan 67 magister.

Baca Juga: Dies Natalis ke-30, STIE Enam Enam Kendari Gelar English Speech Competition

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menyumbang wisudawan terbanyak dengan 546 wisudawan, diikuti oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan 216 wisudawan.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag, menekankan komitmen perguruan tinggi untuk terus berbenah menjadi institusi yang moderat, maju, dan modern. Ia juga mengingatkan para wisudawan untuk menjaga nama baik almamater dan menjadi insan yang mampu memberikan solusi bagi bangsa.

Di era kemajuan teknologi, Husain mengingatkan pentingnya keterampilan di bidang IT dan kemampuan literasi yang dibutuhkan di dunia kerja. “Silakan berkarya dan berikan dampak positif dalam setiap kehidupan. Jadilah insan bermartabat dan berilmu,” pintanya. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS