5 Fenomena Langit Akan Terjadi di Bulan Mei 2024, Ada Hujan Meteor Eta Aquarids

Merdiyanto , telisik indonesia
Senin, 06 Mei 2024
0 dilihat
5 Fenomena Langit Akan Terjadi di Bulan Mei 2024, Ada Hujan Meteor Eta Aquarids
Ada beberapa fenomena langit yang akan terjadi di bulan Mei 2024. Mulai dari hujan meteor eta aquarids, bulan bunga. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Sejumlah fenomena langit akan terjadi di bulan Mei 2024, mulai dari hujan meteor hingga fase bulan baru "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah fenomena langit akan terjadi di bulan Mei 2024, mulai dari hujan meteor hingga fase bulan baru. Fenomena langit tiap bulan berbeda-beda.

Dikutip dari Cnnindonesia.com, fenomena langit bisa disaksikan dengan mata telanjang atau tanpa alat bantu seperti teleskop.

Dikutip Liputan6.com dan berbagai sumber, berikut daftar fenomena langit yang akan terjadi di bulan Mei 2024.

1. Hujan Meteor Eta Aquarids

Fenomena antariksa ini merupakan salah satu dari dua hujan meteor yang dihasilkan dari puing-puing komet Halley. Eta Aquarids merupakan hujan meteor yang berada di atas rata-rata.

Selain itu, mampu menghasilkan hingga 60 meteor per jam pada puncaknya. Sebagian besar aktivitasnya terlihat di Belahan Bumi Selatan. Sementara di Belahan Bumi Utara lajunya bisa mencapai sekitar 30 meteor per jam.

Menurut situs NASA pada Rabu (1/5/2024), meteor Eta Aquarids dikenal karena kecepatannya, dengan kecepatan meteor yang bergerak sekitar 148.000 mph (66 km/s) ke atmosfer Bumi.

Hujan meteor ini selalu muncul setiap tahun dari 19 April hingga 28 Mei. Puncaknya tahun ini terjadi pada malam tanggal 6 Mei dan pagi hari tanggal 7 Mei.

Baca Juga: Unik, Sekolah Islam di Kendari Ini Terima Pembayaran SPP Pakai Sampah

Fenomena hujan meteor Eta Aquarids pengamatan terbaik dilihat dari belahan bumi selatan atau dekat garis khatulistiwa.

2. Fase Bulan Baru

Fase bulan baru pada 8 Mei akan memberikan langit malam yang gelap. Hal ini memudahkan para peneliti langit melihat beberapa objek astronomi yang menakjubkan.

Fenomena ini merupakan waktu terbaik dalam sebulan untuk melihat objek-objek redup seperti galaksi dan gugus bintang karena tidak ada cahaya bulan yang mengganggu.

3. Elongansi Barat Merkurius

Planet Merkurius akan mencapai elongasi barat terbesar yaitu 26,4 derajat dari matahari pada 9 Mei. Fenomena langit ini merupakan waktu terbaik untuk melihat Merkurius karena planet ini akan berada pada titik tertingginya di atas cakrawala pada pagi hari.

Sudut ekliptika yang rendah membuat planet terdalam ini berada cukup rendah di ufuk timur, sehingga lebih menguntungkan bagi pengamat di belahan bumi selatan.

Merkurius akan tampak lebih terang dan berkekuatan 0 pada tanggal 19 Mei, saat ia berada pada ketinggian 4° 30 menit sebelum matahari terbit.

Kemudian, planet terus bersinar terang tapi mempertahankan ketinggian yang sama setiap pagi saat diamati pada waktu yang sama sebelum Matahari terbit. Merkurius mencapai magnitudo -0,5 pada tanggal 28 Mei.

Saat itu, pengamat mungkin akan menyaksikannya sekilas pada ketinggian 3° 30 menit sebelum matahari terbit.

4. Flower Moon atau Bulan Bunga

Fenomena lainnya yang terjadi pada Mei 2024 adalah flower moon atau bulan bunga. Bulan akan berada di sisi berlawanan dengan bumi dan wajahnya akan diterangi sepenuhnya oleh matahari pada 23 Mei. Bulan purnama Mei ini dikenal sebagai Bulan Bunga (Flower Moon).

Istilah tersebut berasal dari bunga-bunga yang bermekaran di Amerika Utara pada saat itu. Beberapa orang, seperti suku Ojibwe, menyebutnya dengan sebutan yang serupa. Bulan ini juga disebut Waawaaskone Giizis atau bulan bunga.

Baca Juga: Deretan Hewan dengan Mata Paling Unik di Dunia

Suku Cree menyebutnya bulan katak karena bulan Mei adalah bulan di mana katak cenderung aktif.

5. Konjungsi Bulan dan Saturnus

Bulan Mei 2024 akan ditutup dengan fenomena konjungsi Bulan dan Saturnus. Pendekatan keduanya terjadi pada 31 Mei 2024.

Fenomena tersebut dapat diamati di langit pada pukul 00:31 WIB dengan ketinggian 71 derajat di atas ufuk timur sebelum menghilang dari pandangan saat fajar menyingsing sekitar pukul 05:24 WIB.

Bulan akan berada pada mag -11.8, dan Saturnus pada mag 0.9, keduanya berada di konstelasi Aquarius. Untuk bisa melihat cincin Saturnus dengan jelas, pengamat membutuhkan teropong bintang dengan lokasi yang minim cahaya.

Itulah beberapa fenomena langit yang akan terjadi sepanjang Mei 2024. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga